Tabarruk di Sumur Barokah : Studi tentang kepercayaan dan ritual keagamaan pengunjung di Sumur Barokah di Desa Pasirnanjung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang

Baharudin, Asep Syamsul (2016) Tabarruk di Sumur Barokah : Studi tentang kepercayaan dan ritual keagamaan pengunjung di Sumur Barokah di Desa Pasirnanjung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (378kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Barokah/ Berkah Adalah Rahasia Ilahi Dan Limpahan Rahmat Yang Dengannya Allah Tambahkan Dan Kembangkan Amal Baik Dengan Secara Kontinyu Bisa Melakukan Kemuliaan Pendekatan Diri (Taqorrub Kepadanya). Secara Sederhana Tabarruk Atau Ngalap Berkah Bisa Diartikan Sebagai Upaya Seseorang Untuk Memperoleh Kebaikan Atau Keberuntungan Dalam Setiap Kehidupannya. Berkah Juga Merupakan Bertambahnya Kebaikan, Khasiat, Kebajikannya Terhadap Sesuatu Yang Didapat.Berkah Dalam Tradisi Masyarakat Sejauh Ini Lebih Identik Pada Upaya Memperoleh Barokah Dengan Perantara Orang-Orang Mulia Di Sisi Allah SWT, Semisal Para Nabi, Wali Dan Kiai, Serta Barang Atau Tempat Peninggalan, Petilasan Dan Setiap Hal Yang Terkait Dengan Mereka, Baik Mereka Masih Hidup Atau Sepeninggalannya. Rumusan Masalah Dari Penelitian Ini Adalah Bagaimana Pandangan Masyarakat Terhadap Sumur Barokah Dan Pandangan Masyarakat Terhadap Konsep Tabarruk Atau Ngalap Berkah Di Sumur Barokah Tersebut. Adapun Tujuan Dari Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Bagaimana Pandangan Masyarakat Terhadap Sumur Barokah Dan Untuk Mengetahui Pandangan Masyarakat Terhadap Konsep Tabarruk Atau Ngalap Berkah Di Sumur Barokah Tersebut Metode Yang Digunakan Penulis Dalam Penelitian Ini Adalah Metode Deskriptif Yang Tujuannya Adalah Untuk Menggambarkan Lokasi Penelitian, Mendapatkan Fakta Pengumpulan Data Dengan Cara Observasi, Wawancara, Dokumentasi, Studi Kepustakaan, Untuk Mendapatkan Data Yang Akurat Dan Yang Peneliti Butuhkan. Hasil Penelitian Yang Peneliti Lakukan Dengan Judul Tabarruk Di Sumur Barokah. Pada Permasalahan Ini, Masyarakat Menganggap Ada Keberkahan Di Sumur Barokah, Karena Ada Kebaikan, Khasiat Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit. Meminta Berkah Atau Tabarruk Di Sumur Barokah Masih Ada Di Jaman Modern Seperti Sekarang Ini Disebabkan Oleh Masyarakat Awam Yang Masih Menganggap Bahwa Tempat Seperti Itu Adalah Tempat Alternatif Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit. Tetapi Jangan Dijadikan Tempat Pemujaan Bahwa Sumur Barokah 100% Dapat Menyembuhkan Penyakit, Karena Air Sumur Barokah Hanya Syari’at Saja, Hakikatnya Yang Dapat Menyembuhkan Penyakit Datangnya Dari Alloh SWT.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tabarruk; Sumur Barokah; kepercayaa; ritual keagamaan
Subjects: Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam > Kepercayaan Mengenai Hal-hal Tertentu
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: siswa pkl 1
Date Deposited: 06 Jul 2023 07:40
Last Modified: 06 Jul 2023 07:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70273

Actions (login required)

View Item View Item