Pengaruh laba akuntansi dan arus kas investasi terhadap harga saham pada perusahaan dagang syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2019-2022

Salsabila, Muthia (2023) Pengaruh laba akuntansi dan arus kas investasi terhadap harga saham pada perusahaan dagang syariah yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2019-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (411kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (360kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)

Abstract

Harga saham merupakan indikator keberhasilan perusahaan pada menguasi pasar dengan transaksi perdagangan saham di pasar modal. Semakin baik suatu perusahaan dalam kinerja keuangannya maka para investor akan tertarik buat menginvestasikan dananya pada perusahaan karena kinerja keuangan perusahaan yang baik. Hal tersebut tidak sesuai dengan fenomena yang terjadi pada perusahaan dagang syariah yang terdaftar di JII dimana memiliki temuan harga saham meningkat tetapi laba dan arus kas investasi menurun, begitupun sebaliknya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis 1) pengaruh laba akuntansi pada harga saham, 2) pengaruh arus kas investasi pada harga saham, 3) pengaruh laba akuntansi dan arus kas investasi pada harga saham dalam perusahaan dagang syari’ah yang mana sudah tercatat di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2019-2022. Kerangka teori yang dipakai pada penelitian ini merujuk pada teori harga saham yang menyatakan bahwa permintaan saham akan naik dan harga saham akan naik jika laba dan arus kas investasi mengalami peningkatan. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh melalui website resmi BEI. Analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif, uji normalitas, multikolinieritas, autokerolasi, heteroskedastisitas, regresi linear berganda, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji t serta uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya: 1) Laba Akuntansi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham dibuktikan dengan hasil Uji t dengan nilai t sebesar 2.019 dengan signifikansi 0,049 2) Arus Kas Investasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap harga saham dibuktikan dengan hasil Uji t dengan nilai t sebesar -2.506 dengan perolehan 0,016 3) Laba Akuntansi dan Arus Kas Investasi secara simultan berpengaruh terhadap harga saham dengan hasil Uji F sebesar 0,003.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Laba Akuntansi; Arus Kas Investasi; Harga saham
Subjects: Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Muthia Salsabila
Date Deposited: 07 Jul 2023 00:42
Last Modified: 07 Jul 2023 00:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70309

Actions (login required)

View Item View Item