Ritus bersaji pada upacara satu Sura penghayat kepercayaan Budi Daya Kampung Cibedug Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat

Putri, Gian Nitya (2023) Ritus bersaji pada upacara satu Sura penghayat kepercayaan Budi Daya Kampung Cibedug Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (199kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy

Abstract

Kepercayaan dalam hal beragama di Indonesia diselimuti dengan kentalnya budaya dari leluhur bangsa. Salah satu bukti nyata yakni dengan adanya kegiatan ritus bersaji. Salah satu kegiatan ritus bersaji terdapat pada penanggalan satu Sura yang dilakukan oleh penghayat kepercayaan Budi Daya di kampung Cibedug. Umumnya, sesaji yang digunakan pada ritus bersaji hanya berupa sajen seperti bunga, air, kemenyan, buah-buahan, dan ayam kampung. Namun, sajen yang digunakan pada ritus bersaji di kampung Cibedug lebih beragam, karena mencakup ayam hitam dan kambing hitam yang menjadi simbolisasi tolak bala, bahkan terdapat prosesi penguburan hewan tersebut. Karena penelitian ini sifatnya alamiah, maka jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan antropologi. Selain itu, dengan menggunakan teori fungsionalisme yang digagas oleh Malinowski, peneliti mencari fungsi dari kegitan ritus bersaji ini. Bahasan dalam penelitian ini mencakup pengertian dari ritus bersaji dan upacara satu Sura, proses pelaksanaan, dan juga fungsi ritus bersaji pada upacara satu Sura di kampung Cibedug. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa ritus bersaji di kampung Cibedug membawa anggota komunitas untuk bersama-sama dalam pelaksanaan upacara dengan melibatkan persiapan, penyajian, dan konsumsi makanan bersama, sehingga menimbulkan partisipasi kolektif yang berfungsi untuk memperkuat hubungan sosial, menghadirkan perasaaan keterhubungan dengan sesama dan dunia roh, memberikan rasa aman dan kepuasan emosional, serta melestarikan nilai-nilai budaya juga tradisi leluhur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ritual ;Sesaji; Sura
Subjects: Culture and Institutions
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Gian Nitya Putri
Date Deposited: 07 Jul 2023 00:55
Last Modified: 07 Jul 2023 00:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70344

Actions (login required)

View Item View Item