Kamal, Resva Auliya (2023) Konseling Islam melalui pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy dalam menangani siswa Broken Home : Studi kasus di SMAN 4 Garut Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (313kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (62kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam latar belakang penelitian, dikemukakan bahwa kondisi keluarga broken home dapat memberikan dampak negatif pada perkembangan emosional dan psikologis siswa. Maka dari itu diperlukan sebuah pendekatan yang bisa meminimalisir dampak tersebut. Tujuan penelitian ini yang Pertama, untuk mengetahui bagaimana karakteristik siswa broken home di SMAN 4 Garut. Kedua, untuk mengetahui bagaimana implementasi konseling islam dengan pendekatan rational emotive behavior therapy (rebt) dalam menangani siswa broken home. Ketiga, untuk mengetahui bagaimana hasil pelaksanaan konseling islam melalui pendekatan rational emotive behavior therapy (rebt) dalam menangani siswa broken home di SMAN 4 Garut Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konseling islam yang dikemukakan oleh Achmad Mubarok dan teori rational emotive behavior therapy (rebt) yang dikemukakan oleh Albert Ellis. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Tiga siswa broken home di SMAN 4 Garut menjadi partisipan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik siswa broken home di SMAN 4 Garut memiliki dampak signifikan pada siswa, seperti konflik keluarga, stabilitas emosional yang terganggu konsep diri yang rendah, dan kesulitan dalam hubungan interpersonal. Melalui konseling islami dengan pendekatan REBT, siswa-siswa ini berhasil mengatasi masalah tersebut. Proses konseling melibatkan identifikasi pemikiran irasional, evaluasi, dan penggantian dengan pemikiran adaptif, serta pengembangan keterampilan coping yang sehat. Pendekatan ini juga memberikan perhatian pada nilai-nilai agama dalam pemulihan siswa. Siswa-siswa broken home mengalami perubahan positif setelah menjalani proses konseling.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konseling islam; rational emotive behavior therapy (rebt); siswa broken home; |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Welfare Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Resva Auliya Kamal |
Date Deposited: | 07 Jul 2023 00:48 |
Last Modified: | 07 Jul 2023 00:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70351 |
Actions (login required)
View Item |