Pengelolaan tanah wakaf menggunakan Sistem Informasi Wakaf (Siwak) di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pamarayan Kabupaten Serang Provinsi Banten

Jamsuni, Jamsuni (2023) Pengelolaan tanah wakaf menggunakan Sistem Informasi Wakaf (Siwak) di Kantor Urusan Agama Kecamatan Pamarayan Kabupaten Serang Provinsi Banten. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Wakaf merupakan perbuatan hukum yang menyerahkan atau membagi separuh kekayaan untuk kegunaan umum dan kesejahteraan menurut syariah, namun pada pengelolaannya masih banyaknya tanah yang dibiarkan tidak memiliki legalitas hukum. Dengan tidak melegalitaskan tanah wakaf dikhawatirkan timbulnya permasalahan yang menyebabkan tanah wakaf ini hilang atau timbulnya persengketaan tanah. Hadirnya Kantor Urusan Agama dapat mengurus masalah yang berkaitan dengan hukum agama termasuk segala legalitas tanah wakaf dimasing-masing derah dapat terwujudnya pengelolaah tanah yang baik termasuk di kecamatan pamarayan. Berdasarkan data dan fakta kondisi tanah wakaf di wilayah pamarayan yang masih banyak tanah wakaf yang belum dilegalitaskan sekitar 27 lokasi. Dengan adanya pengelolaan yang dilakukan oleh KUA Kecamatan Pamarayan dapat meminimalisir hilangnya tanah yang diwakafkan. Oleh karena itu dengan adanya pengelolaan tanah wakaf diharapkan dapat mencapai tujuan yakni mensejahterakan ummat. Hal demikian merupakan masalah yang melatarbelakngi penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan tanah wakaf di KUA Pamarayan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori pengelolaan dari Sondang P. Siagian yang memiliki lima dimensi yakni Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan, Pengawasan, dan Penilaian. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif dengan metode deskriftif, Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan Hubermen dalam Sugiyono yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan dilihat dari beberapa capaian dari dimensi-dimensi yang ada bahwasannya secara keseluruhan Kantor Urusan Agama Kecamatan Pamarayan dalam melaksanakan pengelolaan tanah wakaf dikatakan terkelola dengan baik meskipun belum maksimal, tetapi hal ini terus ditingkatkan agar kedepannya pengelolaan terhadap tanah wakaf semakin baik dan terkelola dengan efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: KUA; Pengelolaan; Tanah Wakaf;
Subjects: Public Administration
Public Administration > Public Administration in Specific Localities
Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Jamsuni Jamsuni
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:42
Last Modified: 07 Jul 2023 06:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70370

Actions (login required)

View Item View Item