Pengaruh model pembelajaran Level of Inquiry berbantu media Liveworksheet terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan

Andini, Fadella Syifa (2023) Pengaruh model pembelajaran Level of Inquiry berbantu media Liveworksheet terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (686kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan bagian dari kecakapan abad 21 yang dapat dikembangkan dalam pembelajaran berbasis level of inquiry. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran level of inquiry berbantu media liveworksheet terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode yang digunakan adalah quasi eksperiment dengan non-equivalent pretest-posttest control group design, dimana sampel dipilih melalui teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran level of inquiry berbantu media liveworksheet memperoleh nilai persentase sebesar 100% pada kinerja guru dan 96,7% pada aktivitas siswa. Peningkatan keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan reguler memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,79 (tinggi) dan 0,62 (sedang), serta ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi pada uji t’ sebesar 0,002 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan proses sains antara siswa pada kelas yang dengan dan tanpa menggunakan model level of inquiry berbantu media liveworksheet. Data tersebut diperkuat dengan perolehan nilai effect size sebesar 0,84 yang menunjukkan kategori berpengaruh besar. Hasil respon siswa terhadap pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan persentase 85,73%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penggunaan model pembelajaran level of inquiry berbantu media liveworksheet terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa pada materi perubahan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Proses Sains; Level of Inquiry; Liveworksheet; Pengaruh; Perubahan Lingkungan.
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Fadella Syifa Andini
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:40
Last Modified: 07 Jul 2023 06:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70379

Actions (login required)

View Item View Item