Bimbingan ibadah dalam membina Akhlakul Karimah remaja Karang Taruna : Penelitian di Desa Samida Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut

Ramadhani, Rifa Fadilah (2023) Bimbingan ibadah dalam membina Akhlakul Karimah remaja Karang Taruna : Penelitian di Desa Samida Kecamatan Selaawi Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy

Abstract

Anggapan yang berkembang terhadap remaja saat ini identik dengan berbagai kenakalan moralitas, seperti tawuran, pergaulan bebas, penyalahgunaan narkoba, kurang sopan santun, premanisme dan lain-lain. Semua ini sebagai dampak negatif dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta arus globalisasi yang semakin meluas, sehingga nilai-nilai etika moral agama semakin mengikis dampak negatif ini. Salah satu usaha untuk mencegah hal tersebut diperlukan pembimbing agama yang kompeten, agar remaja lebih banyak mempelajari pengetahuan agama yang bukan hanya sebatas pengetahuan belaka, melainkan menjadi bahan renungan dan dijadikan pedoman dlam hidup dan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Karakteristik perilaku keagamaan remaja di Karang Taruna Desa Samida, (2) Pelaksanaan bimbingan ibadah di Karang Taruna Desa Samida, (3) Metode bimbingan ibadah di Karang Taruna Desa Samida. Kehidupan manusia tidak terlepas dari adanya kecenderungan untuk meniru panutannya. Kecenderungan yang baik adalah sifat bawaan sejak kecil (kanak-kanak),yang akhirnya dibawa sampai usia tua. Itulah yang dikatakan dalam pandangan Islam“uswatun hasanah”. Hal ini memerlukan aplikasi di segala aspek kehidupan umat manusia. Dengan demikina, teori dalam penulisan ini menggunakan teori uswatun hasanah yang dalam pandangan barat disebut dengan teori behavioristik. Teori ini menyatakan bahwa perubahan tingkah laku seseorang terjadi sebagai akibat dari adanya interaksi antara stimulus dan respon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah ketua karang taruna dan pembimbing agama yang ada di karang taruna. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Karakteristik perilaku keagamaan remaja di Karang Taruna Desa Samida Kecamatan Selaawi sangat beragam. (2) Pelaksanaan bimbingan ibadah dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu, pembukaan, pembimbing membuka kegiatan bimbingan keagamaan dengan do’a, kemudian kegiatan inti, pembimbing memberikan metri keagamaan dan terakhir, penutup, pembimbing menutup kegiatan bimbingan keagmaan. (3) Metode bimbingan ibadah yang diterapkan di Karang Taruna Desa Samida Kecamatan Selaawi diantaranya adalah model pembiasaan, uswatun hasanah dan internalisasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: bimbingan ibadah; akhlakul karimah; remaja
Subjects: Applied Psychology
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Rifa Rifa Fadilah Ramadhani Rifa Fadilah
Date Deposited: 07 Jul 2023 06:56
Last Modified: 07 Jul 2023 06:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70397

Actions (login required)

View Item View Item