Nilai-nilai bimbingan konseling Islam dalam novel Ranah 3 Warna : Analisis isi pada novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fu'adi

Nuraeni, Nadya (2023) Nilai-nilai bimbingan konseling Islam dalam novel Ranah 3 Warna : Analisis isi pada novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fu'adi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abtsrak.pdf

Download (703kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftar isi.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab 1.pdf

Download (765kB) | Preview
[img] Text
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (618kB) | Request a copy

Abstract

Novel Ranah 3 Warna merupakan salah satu novel best seller Indonesia yang mengangkat isu mengenai quarter life crisis. Mengacu pada permasalahan dalam novel tersebut, manusia akan senantiasa dihadapkan dengan berbagai ujian dan permasalahan yang menyertai dalam kehidupannya. Oleh karena itu konselor membutuhkan media yang didalamnya memuat nilai-nilai yang dapat dijadikan acuan untuk memberikan bimbingan, arahan, tuntunan, petunjuk dan penguatan agar manusia senantiasa kembali kepada Al-Qur’an dan Sunnah serta tidak memperturutkan hawa nafsunya dalam menyelesaikan segala macam persoalan dalam kehidupannya. Novel Ranah 3 Warna memuat mahfudzot Man Shabara Zhafira yang artinya barangsiapa bersabar maka Ia akan beruntung. Hal ini tentunya selaras dengan dalil yang dijadikan sebagai landasan dasar bimbingan konseling Islam yakni QS. Al-Baqarah (2) : 155. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) mengetahui nilai-nilai keberagamaan dalam novel Ranah 3 Warna, 2) mengetahui nilai-nilai kemandirian dalam novel Ranah 3 Warna dan 3) mengetahui nilai-nilai kesusilaan dalam novel Ranah 3 Warna. Penelitian ini mengacu pada konsep nilai menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan yang didalamnya memuat nilai-nilai keberagamaan, nilai-nilai kemandirian dan nilai-nilai kesusilaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi. Teknik dokumentasi dilakukan dengan menganalisis berbagai dokumen yang dapat mendukung penelitian.Berdasarkan hasil dan pembahasan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nilai-nilai bimbingan konseling Islam dalam novel Ranah 3 Warna selaras dengan konsep nilai menurut Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Nilai-nilai bimbingan konseling Islam dalam novel Ranah 3 Warna didalamnya meliputi nilai-nilai keberagamaan, nilai kemandirian dan nilai kesusilaan. Nilai-nilai keberagamaan meliputi kekhusyu’an dengan Tuhan, ketaatan beragama, ketaqwaan, keikhlasan, pandai bersyukur dan beramal shaleh. Nilai-nilai kemandirian meliputi harga diri, disiplin, etos kerja, tanggung jawab, berani, semangat dan mengenali potensi diri. Nilai-nilai kesusilaan dalam novel Ranah 3 Warna karya Ahmad Fu’adi didalamnya meliputi cinta dan kasih sayang, setia kawan, tolong menolong, saling menghormati, sopan santun, kejujuran dan komitmen dalam menepati janji.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Isi; Nilai; Bimbingan Konseling Islam; Ranah 3 Warna
Subjects: The Book
Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Islam > Da'wah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nadya Nuraeni
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:09
Last Modified: 11 Jul 2023 08:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70414

Actions (login required)

View Item View Item