Budaya masyarakat kampung adat Miduana dalam mempertahankan adat istiadat : Penelitian di Kampung Adat Miduana Desa Balegede Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur

Faisal, Ilham M (2023) Budaya masyarakat kampung adat Miduana dalam mempertahankan adat istiadat : Penelitian di Kampung Adat Miduana Desa Balegede Kecamatan Naringgul Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kehidupan masyarakat di Kampung Adat Miduana yang memiliki corak dan kebudayaan yang perlu dikaji. Kebudayaan adalah faktor utama yang mendukung terlahirnya masyarakat, sebuah kebudayaan tercipta melalui proses yang panjang melalui nilai-nilai dan norma yang tercipta di dalam masyarakat. Dalam proses lahirnya adat istiadat ini ada peran dari masyarakat yang menjaga dan mempertahankan tradisinya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan budaya dan tradisi yang ada di Kampung Adat Miduana, serta mendeskripsikan pola masyarakat dalam menjaga dan melestarikan segala bentuk budaya dan tradisi yang ada. Sebagai acuan dalam mempertahankan Adat Istiadatnya masyarakat Kampung Adat Miduana memiliki beragam pola dan cara dalam mempertahankan Adat Istiadatnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Struktural Fungsional dari Talcott Parsons. Teori ini menjelaskan bahwa sebuah sistem dimasyarakat terjadi karena adanya bentuk pemeliharaan dan integrasi yang kuat, selain itu adanya tujuan dan adaptasi dari sebuah masyarakat memungkinkan suatu sistem dimasyarakat dapat bertahan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Dalam pengumpulan data, teknik yang digunakan yaitu wawancara mendalam, observasi, dan Dokumentasi. Dalam menganalisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, verifikasi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) adanya pola kehidupan masyarakat yang menjaga dan menghormati ajaran tradisi dan budaya sehingga budaya dan adat istiadat di Kampung Adat Miduana dapat terjaga. (2) Segala bentuk budaya dan tradisi tetap dilestarikan masyarakat serta masih dipraktikan sampai saat ini. (3) adanya peran dari setiap aspek mulai dari pemerintah hingga masyarakat yang memiliki komitmen dalam menjaga keutuhan Kampung Adat Miduana.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Masyarakat; Adat; Kebudayaan.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Sociology and Anthropology, Society > Nonliterate Societies
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Ilham m faisal
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:17
Last Modified: 10 Jul 2023 03:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70424

Actions (login required)

View Item View Item