Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Beta saham terhadap Return saham PT. Japfa Comfeed Indonesia tbk. yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2010-2022

Utami, Lestari Widya (2023) Pengaruh Debt to Equity Ratio dan Beta saham terhadap Return saham PT. Japfa Comfeed Indonesia tbk. yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2010-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (146kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenaikan jumlah investor yang setiap tahunnya mengalami peningkatan bahkan pada saat pandemi sekaligus. Dan mendapatkan Return adalah tujuan setiap investor ketika melakukan investasi. Return dan risiko adalah dua hal yang tidak bisa dipisahkan, dan risiko suatu saham dapat diukur menggunakan Beta. Selain risiko, laporan keuangan dapat digunakan untuk parameter menentukan Return saham, salah satunya menggunakan Debt to Equity Ratio. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) seberapa besar pengaruh Debt to Equity Ratio terhadap Return Saham secara parsial; 2) seberapa besar pengaruh Beta Saham terhadap Return Saham secara parsial; 3) seberapa besar pengaruh Debt to Equity Ratio dan Beta Saham terhadap Return Saham secara simultan pada PT.Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Periode 2010-2022. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif terhadap Return Saham yang berarti, apabila nilai suatu Debt to Equity Ratio tinggi maka Return yang didapat akan rendah. Dan Beta Saham yang berpengaruh positif terhadap Return Saham dimana ketika risiko yang dihadapi dalam suatu perusahaan tinggi maka tingkat pengembalian yang akan didapat juga tinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskrptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari annual report PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk. periode 2010-2022 yang dipublikasikan melalui website www.japfacomfeed.co.id. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji auotokorelasi), analisis uji asosiatif (analisis regresi linier, analisis korelasi, analisis determinasi), analisis uji hipotesis (uji signifikasi parsial (uji T) dan uji signifikasi simultan (uji F)). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Debt to Equity Ratio berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Return Saham dengan koefisien determinasi sebesar 33,8% dan nilai signifikansi 0,037 < 0,05. Secara parsial Beta Saham tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan koefisien determinasi sebesar 2,9% dan nilai signifikansi 0,57 > 0,05. Secara simultan Debt to Equity Ratio dan Beta Saham memiliki pengaruh signifikan terhadap Return Saham dengan nilai signifikansi 0,042 < 0,05 dan koefisien determinasi sebesar 46,9% dan sisanya 53,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER); Beta Saham; Return Saham;
Subjects: General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Lestari widya Utami
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:14
Last Modified: 14 Jul 2023 03:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70442

Actions (login required)

View Item View Item