Program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial : Studi deskriptif di Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung

Puspitasari, Kartika Indah (2023) Program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) dalam meningkatkan kesejahteraan sosial : Studi deskriptif di Kelurahan Cipadung Kidul Kecamatan Panyileukan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (356kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (79kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy

Abstract

Nilai yang sudah lama tertanam dalam bangsa Indonesia salah satunya adalah gotong royong. Namun, di zaman modern ini nilai-nilai lama yang dijadikan sebagai pedoman dan acuan dalam hubungan sosial yang dilandasi semangat nilai gotong royong menjadi runtuh akibat dari perubahan sosial. Budaya luar yang masuk membawa pengaruh kepada masyarakat hingga kini mereka sangat individual, menurunnya rasa kebersamaan dan gotong royong, Dengan demikian semangat gotong royong dan kemandirian masyarakat perlu dibangkitkan kembali melalui pendayagunaan nilai – nilai gotong royong untuk kesejahteraan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja kegiatan dari Program Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kelurahan Cipadung Kidul, bagaimana pelaksanaan Program BBGRM di Kelurahan Cipadung Kidul, dan bagaimana hasil dari Program BBGRM dalam meningkatkan kesejahteraan di Kelurahan Cipadung Kidul. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori gotong royong menurut Bintarto (1980) bahwa gotong royong adalah adat tolong menolong antar sesama warga dalam kegiatan sosial dengan didasarkan pada hubungan kekerabatan serta hal-hal yang dianggap bermanfaat bagi kepentingan bersama. Selain itu juga menggunakan teori kesejahteraan sosial menurut Friedlander (Fahrudin 2014:9) bahwa kesejahteraan sosial adalah sistem yang terorganisir dari usaha dan lembaga sosial yang bertujuan untuk membantu masyarakat demi tercapainya standar kehidupan yang layak, serta tercapainya hubugan perseorangan dan sosial yang dapat membuat mereka mengembangkan kemampuannya dengan maksimal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Ketua LPM dan masyarakat Cipadung Kidul, observasi dilakukan di Kelurahan Cipadung Kidul untuk mengamati kegiatan, serta dokumentasi digunkan untuk pelengkap dalam memperoleh data. Sedangkan untuk menganalisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa kegiatan dari program BBGRM diantaranya poskamling, bazar, kuliner, pembinaan UMKM, pengajian umum, penyuluhan, dan membersihkan lingkungan. Pelaksanaan kegiatan memiliki 5 tahapan yaitu pengorganisasian tim pelaksana yang dipegang oleh LPM, musrengbangkel, pelaksanaan kegiatan, pembinaan pengendalian pelaksanaan kegiatan, dan monitoring evaluasi. Hasil dari program BBGRM yaitu meningkatnya kondisi kesejahteraan sosial dan indeks kebahagian masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Program; Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM); Kesejahteraan Sosial;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
Social Welfare, Problems and Services > Historical, Geographic, Person Treatment of Social Welfare
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Kartika Indah Puspitasari
Date Deposited: 18 Jul 2023 07:23
Last Modified: 18 Jul 2023 07:23
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70457

Actions (login required)

View Item View Item