Nurajijah, Ayu Siti (2023) Pelaksanaan konseling individual untuk mengatasi kesulitan belajar siswa : Penelitian siswa kelas X Sekolah Menengah Atas Negeri 7 Tasikmalaya Jalan Air Tanjung no.25 Kelurahan Talagasari Kecamatan Kawalu Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (24kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (243kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan pentingnya sebuah pendidikan sebagai kunci utama terbentuknya sumber daya insan yang kompeten dalam membentuk bangsa. Pendidikan merupakan komponen mendasar yang melibatkan tindakan belajar. Dalam hal ini, guru BK berperan penting dalam keberlangsungan kegiatan belajar mengajar maupun sebagai tenaga pembina sekaligus membantu dalam menangani berbagai masalah yang dialami siswa. Salah satu permasalahan yang dialami siswa yaitu kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dialami siswa kelas X SMA Negeri 7 Tasikmalaya didapatkan bahwa dalam kegiatan belajar siswa mudah lelah, mudah lupa, cape, ngantuk ada saat pembelajaran, kurang berkonsentrasi dan kesulitan dalam menghitung. Salah satu upaya yang dilakukan guru BK yaitu melaksanakan program layanan konseling individual. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui jenis-jenis kesulitan belajar yang dialami siswa SMA Negeri 7 Tasikmalaya. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan konseling individual untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMA Negeri 7 Tasikmalaya. 3) Untuk mengetahui hasil dari pelaksanaan konseling individual untuk mengatasi kesulitan belajar siswa SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, metode ini digunakan untuk menggambarkan secara sistematis dan akurat mengenai jenis-jenis kesulitan belajar, proses maupun hasil dari pelaksanaan Konseling Individual untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 7 Tasikmalaya. Landasan pemikiran dalam penelitian ini yakni melalui program layanan konseling individual untuk mengatasi kesulitan belajar siswa, dengan adanya program ini siswa bisa mengatasi kesulitan belajar yang dialaminya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan konseling individual untuk mengatasi kesulitan belajar siswa di SMA Negeri 7 Tasikmalaya yang dilaksanakan oleh guru BK, siswa menunjukan semangat dalam belajar, tidak mudah lelah, bisa berkonsentrasi pada saat belajar, merasa senang dalam belajar, dan mulai mudah dalam menghitung. Kesimpulan penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan konseling individual untuk mengatasi kesulitan belajar siswa berjalan dengan efektif , hanya saja dalam pelaksanannya belum optimal dikarenakan terkendalanya waktu. Setelah mengikuti layanan konseling individual siswa menunjukan sikap yang lebih baik dari sebelumnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kesulitan Belajar Siswa; Konseling Individual |
Subjects: | Education, Research Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ayu Siti Nurajijah |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 08:44 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 08:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70480 |
Actions (login required)
View Item |