Bimbingan karir pendekatan Trait and Factor untuk menumbuhkan jiwa Entrepreneurship santri : Penelitian di Pondok Pesantren Baiturrahman Desa Pangauban Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung

Lestari, Anih Nadia (2023) Bimbingan karir pendekatan Trait and Factor untuk menumbuhkan jiwa Entrepreneurship santri : Penelitian di Pondok Pesantren Baiturrahman Desa Pangauban Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di dasari oleh pengembangan potensi serta minat pada santri sehingga dapat berpengaruh terhadap karir santri dalam masa depannya. Salah satu upaya untuk menigkatkan potensi serta minat dalam pemilihan karir dengan melakukan bimbingan melalui pendekatan trait and factor dalam menumbuhkan jiwa entrepnereurship di Pondok Pesantren Baiturrahman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jiwa entrepnereurship, proses dan hasil pada kegiatan bimbingan karir pendekatan trait and factor untuk menumbuhkan jiwa entrepnereurship santri di Pondok Pesantren Baiturrahman. Penelitan ini bertolak dari pemikiran bahwa bimbingan karir pendekatan trait and factor merupakan proses bantuan yang bertujuan untuk membimbing santri dalam pemilihan karir dengan diadakan kegiatan entrepnereurship. Selain itu, santri diajarkan untuk hidup mandiri, dapat mengembangkan potensi, minat serta bakat dan bertanggung jawab terhadap pilihan karir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif pendekatan kualitatif. Dengan memberikan gambaran secara sistematis, aktual dan faktual mengenai bimbingan karir pendekatan trait and factor untuk menumbuhkan jiwa entrepnereurship santri. Adapun teknik yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini ialah teknik observasi, wawancara, dan pencatatan atau dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan karir pendekatan trait and factor mampu untuk mengembangkan potensi, minat, bakat dan santri dapat hidup mandiri dengan adanya bukti bahwa setelah keluar dari Pondok Pesantren Baiturrahman para alumni memiliki karir serta dapat melanjutkan kegiatan entrepreneurship secara mandiri. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya kegiatan entrepreneurship pada Pondok Pesantren Baiturrahman dapat membantu membimbing karir santri untuk masa depannya. Memiliki karir yang baik dan bertanggung jawab terhadap pemilihan karir yang dipilih. Oleh karena itu, pondok pesantren memiliki dampak yang sangat baik pada perkembangan potensi santri dengan diadakan kegiatan entrepreneurship mampu menumbuhkan jiwa entrepreneurship di kalangan santri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir; Pendekatan Trait and Factor; Entrepreneurship; Santri;
Subjects: Applied Psychology > Counseling and Interviewing
Production, Industrial Economics > Entrepreneurship
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Anih Nadia Lestari
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:14
Last Modified: 10 Jul 2023 04:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70504

Actions (login required)

View Item View Item