Tanggapan siswa terhadap penerapan Profil Pelajar Pancasila dan hubungannya dengan sikap toleransi antar siswa beda agama : Peneltian Korelasional pada siswa kelas VII di SMP Triyasa Kota Bandung

As, Rizqa Auliyaa (2023) Tanggapan siswa terhadap penerapan Profil Pelajar Pancasila dan hubungannya dengan sikap toleransi antar siswa beda agama : Peneltian Korelasional pada siswa kelas VII di SMP Triyasa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (438kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan pada siswa kelas VII di SMP Triyasa Kota Bandung. Informasi yang diperoleh bahwa penerapan profil pelajar pancasila sudah diterapkan dengan baik selama satu tahun dari tahun 2022. Secara teoritis penerapan profil pelajar pancasila bertujuan menjadikan siswa sebagai pelajar sepanjang hayat yang merefleksikan diri terhadap nilai-nilai kebhinekaan khususnya dalam hal sikap toleransi. Mayoritas siswa yang bersekolah di SMP Triyasa beragama Islam dan sebagian kecil beragama Kristen. Berbicara mengenai toleransi tentunya terdapat perbedaan yang menyebabkan terjadinya kesenjangan di antara siswa khususnya pada perbedaan Agama sehingga permasalahan itu menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) realitas tanggapan siswa terhadap penerapan profil pelajar Pancasila di SMP Triyasa, (2) realitas sikap toleransi antar siswa beda Agama di SMP Triyasa, dan (3) sejauhmana tanggapan siswa terhadap penerapan Profil Pelajar Pancasila hubungannya dengan sikap toleransi antar siswa beda Agama di SMP Triyasa. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran yang menyatakan bahwa salah satu faktor penting dalam meningkatkan sikap toleransi antar siswa beda agama adalah penerapan profil pelajar pancasila. Profil pelajar pancasila sebagai salah satu cara menampilkan pembelajaran dengan mendramatisasikan suatu kegiatan dengan suatu masalah agar siswa dapat merefleksikan nilai pancasila dalam kehidupan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Data kuantitatif yang diperoleh dianalisis dengan analisis statistik, sedangkan data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis logika. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa : (1) realitas tanggapan siswa terhadap penerapan profil pelajar pancasila termasuk dalam kualifikasi positif dengan nilai rata-rata sebesar 4,01 yang berada pada interval 3,5 – 4,5, (2) realitas sikap toleransi antar siswa beda agama termasuk dalam kualfikasi sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 4,64 yang berada pada interval 4,5 – 5,5, (3) tanggapan siswa terhadap penerapan profil pelajar pancasila cukup berpengaruh terhadap sikap toleransi antar siswa beda agama, hal ini di lihat dari hasil perhitungan koefisien korelasi 0,483 angka tersebut termasuk pada korelasi sedang/cukup karena berada pada interval 0,40-0,599, sedangkan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikansi 5% menunjukan hasil thitung 3,314 > ttabel 1,688. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa hipotesis nol (H0) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) di terima. Besarnya memiliki pengaruh variabel X terhadap variabel Y sebesar 48,3 % artinya diperkirakan terdapat faktor lain sebesar 51,7 % yang mempengaruhi sikap toleransi antar siswa beda agama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Tanggapan Siswa; Penerapan; Profil Pelajar Pacasila; Sikap Toleransi;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizqa Auliyaa AS
Date Deposited: 10 Jul 2023 01:12
Last Modified: 10 Jul 2023 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70514

Actions (login required)

View Item View Item