Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV MI: Penelitian tindakan kelas di MI Matla'ul Atfal Kota Bandung

Utami, Febriyanti Nur'anisa (2023) Pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas IV MI: Penelitian tindakan kelas di MI Matla'ul Atfal Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan sosial siswa kelas IV MI diantaranya siswa kurang menghargai pendapat siswa lain, siswa kurang mampu bertanya ketika pembelajaran telah usai, dan siswa kurang berpartisipasi dalam diskusi kelompok. Hal ini terjadi karena model pembelajaran yang digunakan kurang inovatif, sehingga dalam proses pembelajaran kerap merasa bosan dan siswa sulit mengembangkan keterampilan sosialnya. Tujuan penelitian ini secara umum adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Kelas IV MI. Tujuan khusus penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan: (1) Mengetahui keterampilan sosial siswa sebelum di terapkan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads, (2) Mengetahui penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together, (3) Mengetahui peningkatan keterampilan siswa setelah di terapkan model penerapan pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads together. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa keterampilan sosial siswa ditentukan oleh banyak faktor, salah satunya adalah menggunakan model pembelajaran yang inovatif. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Heads Together diduga dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan melalui dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di MI Matla’ul Atfal Kota Bandung. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-B yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan Teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dengan persentase. Berdasarkan hasil penelitian yang mencakup analisis data menunjukan bahwa penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa. Hal ini diketahui sebelum dilakukan tindakan diperoleh persentase keterampilan sosial siswa mencapai 54,4% atau berada pada kategori cukup. Kemudian dilakukan tindakan dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together pada siklus I, keterampilan sosial siswa sedikit meningkat dengan persentase 62,2% atau berada pada kategori baik. Pada siklus II, keterampilan sosial siswa meningkat dengan persentase 75,7% dengan kategori baik. Artinya sudah mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa di kelas IV MI Matla’ul Atfal Kota Bandung.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif; Tipe Numbered Heads Together; meningkatkan; keterampilan sosial; siswa
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Febriyanti Nur'anisa Utami
Date Deposited: 10 Jul 2023 04:42
Last Modified: 10 Jul 2023 04:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70537

Actions (login required)

View Item View Item