Layanan bimbingan pra nikah dalam mencegah terjadinya perceraian pada pasangan suami istri : Penelitian deskriptif di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya

Hidayati, Nurul (2023) Layanan bimbingan pra nikah dalam mencegah terjadinya perceraian pada pasangan suami istri : Penelitian deskriptif di Kantor Urusan Agama Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (947kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Pernikahan merupakan ibadah yang di anjurkan oleh Allah SWT serta menjadi sunnah Rasulullah SAW, dengan pernikahan juga dapat membuat kehidupan seseorang menjadi lebih terarah, tenang, tentram dan bahagia. Tetapi banyak permasalahan yang akan muncul dalam pernikahan, sehingga pada akhirnya memilih jalan perceraian. Peristiwa perceraian di Kota Tasikmalaya semakin meningkat setiap tahunnya, dan faktor yang melatarbelakangi terjadinya perceraian tersebut diantaranya faktor ekonomi, sosial, pemahaman, dan agama. Maka dari itu perlu sebuah upaya sebagai langkah preventif untuk mencegah terjadinya perceraian dengan melaksanakan program Layanan Bimbingan Pra Nikah yang dilaksanakan oleh KUA Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui proses bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Cihideung 2) Untuk mengetahui metode yang digunakan layanan bimbingan pra nikah dalam mencegah terjadinya perceraian pada pasangan suami istri di KUA Kecamatan Cihideung 3) Untuk mengetahui faktor penunjang dan penghambat layanan bimbingan pra nikah dakam mencegah terjadinya perceraian pada pasangan suami istri di KUA Kecamatan Cihideung. Penelitian ini menggunakan pendekatan atau teori bimbingan pra nikah Aunur Rahim Faqih bahwa bimbingan pra nikah dan keluarga Islami ialah proses pemberian bantuan agar dalam menjalankan pernikahan dan kehidupan rumah tangga bisa selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala KUA, Pembimbing bimbingan pra nikah, Penghulu, dan 4 pasang peserta bimbingan pra nikah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, menunjukkan bahwa layanan bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Cihideung Kota Tasikmalaya terlaksana dengan baik dan sangat bermanfaat untuk mereka. Beberapa calon pasangan suami istri yang telah mengikuti bimbingan pra nikah menyatakan, bahwa layanan bimbingan pra nikah sangat membantu mereka mendapatkan pemahaman yang sebelumnya belum mereka ketahui, dan senantiasa berusaha untuk meningkatkan kualitas perkawinan serta menjadi sebuah pencegahan perceraian di masa yang akan mendatang. Tolak ukur keberhasilan bimbingan pra nikah di KUA Kecamatan Cihideung yakni dari pemahaman materi yang telah di sampaikan, kemudian untuk jangka panjangnya, mereka dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan rumah tangga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pra Nikah; dalam Mencegah; Perceraian
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Bimbingan Perkawinan BP4
Social Welfare, Problems and Services > Marriage Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nurul Hidayati
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:45
Last Modified: 10 Jul 2023 07:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70552

Actions (login required)

View Item View Item