Pengaruh Digital Marketing dan Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian Marketplace Shopee: Penelitian pada Marketplace Shopee di Kota Bandung

Khoerunnisa, Sindi Gusliani (2023) Pengaruh Digital Marketing dan Word Of Mouth terhadap keputusan pembelian Marketplace Shopee: Penelitian pada Marketplace Shopee di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB) | Request a copy

Abstract

Pesatnya pertumbuhan penggunaan internet telah menjadikan internet menjadi alat yang paling efektif bagi sebuah perusahaan atau pelaku bisnis untuk dapat menjual produk atau layanan nya secara online. adanya perubahan tersebut tentunya dapat mengakibatkan adanya sebuah persaingan antara pelaku usaha bisnis atau perusahaan, maka untuk dapat kompetitif para perusahaan dituntut untuk dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan menggunakan berbagai strategi promosinya salah satunya melalui digital marketing dan word of mouth dan membuat berbagai inovasi dan kreatifitas dalam melakukan sebuah promosi terhadap produknya untuk dapat menarik minat konsumennya supaya dapat menentukan keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh apakah terdapat pengaruh Digital Marketing dan Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian Marketplace Shopee. Dalam penelitian ini, variabel independen yang digunakan terdiri dari Digital Marketing dan Word Of Mouth sedangkan variabel dependen adalah Keputusan Pembelian. kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Digital Marketing (Sanjaya & Tarigan, 2012), Word Of Mouth (Sernovitz, 2012) dan Keputusan Pembelian (Kotler & Keller, 2016). Dengan menggunakan metode deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. adapun populasi pada penelitian ini adalah pengguna marketplace Shopee di Kota Bandung sebanyak 96 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan non probability sampling dengan metode purposive sampling. Dengan menggunakan uji statistik deskriptif, uji instrument data (uji validitas dan uji reabilitas), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis yang terdiri dari uji statistik t (uji parsial) dan uji statistik f (uji simultan), dan uji koefisien determinasi. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa digital marketing terhadap pengguna Marketplace Shopee di Kota Bandung berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ditunjukan dengan nilai thitung > ttabel (6,433 > 1.661) dan nilai signifikansinya (0,000 < 0,05), kemudian word of mouth terhadap pengguna marketplace Shopee di Kota Bandung berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian ditunjukan dengan thitung > ttabel (4,570 > 1,661) dan nilai signifikansinya (0,000 < 0,05). digital marketing dan word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian marketplace Shopee di Kota Bandung ditunjukan dengan fhitung > ftabel (71,459 > 3,09) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05).nilai r square adalah sebesar 60,6% dan sisanya tidak dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini sebesar 39,4% terhadap keputusan pembelian marketplace shopee.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Marketing; Word Of Mouth; Keputusan Pembelian
Subjects: General Management > Sales Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Sindi Gusliani Khoerunnisa
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:38
Last Modified: 10 Jul 2023 07:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70573

Actions (login required)

View Item View Item