Aplikasi digital library (e-library) hubungannya dengan kualitas pelayanan perpustakaan 2019-2022: Penelitian pada pusat perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Setiawati, Winarti Nur (2023) Aplikasi digital library (e-library) hubungannya dengan kualitas pelayanan perpustakaan 2019-2022: Penelitian pada pusat perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Perpustakaan merupakan suatu lembaga layanan masyarakat dalam bidang ilmu pengetahuan. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi yang pesat pada saat ini membuat perpustakaan semakin dituntut untuk dapat terus berkembang dari waktu ke waktu. Sehingga sebagian perpustakaan telah menerapkan pengelolaan perpustakaan dengan teknologi digital. Penggunaan teknologi digital dalam pengelolaan perpustakaan digunakan agar dapat memberikan layanan yang lebih efektif dan berkualitas kepada pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Aplikasi digital library di pusat perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 2) Kualitas layanan di pusat perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 3) Hubungan aplikasi digital library dengan kualitas layanan perpustakaan di pusat perpustakaan UIN Sunan Gung Djati Bandung. Penelitian ini bersifat deskriptif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan ialah menggunakan angket kuesioner. Kemudian teknik analisis data dalam penelitian ini ialah uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji analisis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan linearitas), serta uji korelasi. Berdasarkan hasil penelitian, pengujian statistik menunjukkan bahwa: (1) Aplikasi digital library di pusat perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menghasilkan rata-rata sebesar 4,05, yang termasuk pada kategori Tinggi; (2) Kualitas layanan perpustakaan di pusat perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung menghasilkan rata-rata 4,30, yang termasuk pada kategori Sangat Tinggi; (3) Hubungan aplikasi digital library dengan kualitas layanan perpustakaan di pusat perpustakaan UIN Sunan Gunung Djati Bandung memiliki nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Kemudian diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,615. Nilai tersebut termasuk pada interval antara 0,61-0,80 yang dikategorikan tingkat korelasi tinggi. Selanjutnya, diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,556 yang dapat disimpulkan bahwa kontribusi variabel aplikasi digital library terhadap kualitas layanan perpustakaan adalah sebesar 55,6%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Aplikasi Digital Library; Kualitas Layanan; Perpustakaan
Subjects: Library and Information Sciences > Organization of Libraries
Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Winarti Nur Setiawati
Date Deposited: 17 Jul 2023 06:28
Last Modified: 17 Jul 2023 06:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70617

Actions (login required)

View Item View Item