Analisis pemberitaan masalah keagamaan, sosial, politik, pendidikan dan ekonomi di Indonesia dalam majalah Daulat Ra'jat Tahun 1931-1934

Prehatinia, Tata Twin (2023) Analisis pemberitaan masalah keagamaan, sosial, politik, pendidikan dan ekonomi di Indonesia dalam majalah Daulat Ra'jat Tahun 1931-1934. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (451kB) | Request a copy

Abstract

Kondisi Indonesia sebagai negeri jajahan berhasil melahirkan pemikiran mengenai pergerakan nasional. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai kumpulan organisasi. Salah satu organisasi yang muncul pada saat itu adalah organisasi Pendidikan Nasional Indonesia. Sebagai organisasi yang lahir pada masa pergerakan nasional, PNI-Baru memanfaatkan media pers yang dinamakan dengan majalah Daulat Ra’jat. Penelitian ini bertujuan untuk mengangkat tema media pers dalam pergerakan kemerdekaan Indonesia di abad ke-20. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, bagaimana sejarah kemunculan majalah Daulat Ra’jat; kedua, mengenai apa analisis pemberitaan masalah keagamaan, sosial, politik, pendidikan dan ekonomi di Indonesia dalam majalah Daulat Ra’jat pada tahun 1931-1934. Sesuai dengan tujuan penelitian ini, maka metode yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahapan, antara lain: heuristik (pengumpulan sumber), kritik (terdiri dari kritik ekstern dan intern), interpetasi (analisis data), dan terakhir historiografi (penulisan sejarah). Sumber primer penelitian ini menggunakan arsip majalah Daulat Ra’jat yang berasal dari website online Perpustakaan Nasional RI. Sumber sekunder dalam penelitian ini menggunakan buku-buku, skripsi, dan jurnal yang berkaitan dengan topik penelitian. Hasil penelitian ini yaitu majalah Daulat Ra’jat mulai diterbitkan pertama kali pada tanggal 10 September 1931 hingga terakhir terbit pada tanggal 10 September 1934. Melalui penelitian ini dapat disimpulkan bahwa majalah Daulat Ra’jat merupakan media pers yang berperan aktif serta berkontribusi dalam memberitakan Indonesia, didalamnya tercatat mengenai kondisi Indonesia yang berkaitan dengan masalah keagamaan, sosial, politik, pendidikan dan ekonomi. Semua pemberitaan yang termuat dalam majalah Daulat Ra’jat tersebut dapat menjadi catatan sejarah yang menggambarkan kondisi Indonesia dari hari ke hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Daulat Ra'jat; PNI-Baru; Analisis Pemberitaan
Subjects: Indonesia
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Tata Twin Prehatinia
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:05
Last Modified: 12 Jul 2023 07:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70635

Actions (login required)

View Item View Item