Peranan Komite Madrasah hubungannya dengan peningkatan mutu pendidikan Madrasah di era Covid-19 : Penelitian di Madrasah Aliyah Swasta se-Kabupaten Garut

Alizar, Muhammad Dzikry (2022) Peranan Komite Madrasah hubungannya dengan peningkatan mutu pendidikan Madrasah di era Covid-19 : Penelitian di Madrasah Aliyah Swasta se-Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (389kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (489kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (782kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (536kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu permasalahan pendidikan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia adalah rendahnya mutu pendidikan pada setiap jenjang dan satuan pendidikan, khususnya pendidikan dasar dan menengah. Sebuah upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia tidak pernah berhenti dan selesai. Berbagai konsep dan wawasan baru akan terus berproses seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi. Salah satunya upayanya adalah melalui Komite Sekolah, karena memiliki posisi yang sangat strategis dalam mengembangkan tanggung jawab masyarakat untuk kemajuan pendidikan. Keberadaan dan peran komite madrasah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan madrasah di berbagai daerah sangat bervariasi, baik dari segi status, kinerja, peran, kualitas madrasah, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh komite madrasah. Komite Madrasah juga berperan dalam mensosialisasikan berbagai kebijakan dan program yang telah ditetapkan madrasah sehingga dapat akuntabel (dipertanggung jawabkan) kepada masyarakat. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif jenis korelasi. Teknik pengambilan data yang dilakukan adalah menggunakan angket kuisioner. Kemudian teknik analaisis data dalam penelitian ini adalah uji instrument (validitas dan reabilitas), uji analisis parsial perindikator, uji prasyarat (uji normalitas dan lineritas), dan uji korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa hubungan Peran Komite Madrasah dengan Peningkatan Mutu Pendidikan Madrasah di Era Covid-19 dengan nilai signifikansi 0,020 < 0,05. Kemudian analisis koefisien korelasi yang diperoleh adalah 0,573. Nilai tersebut terdapat pada tingkat kekuatan korelasi sedang, karena terdapat pada kategori 0,40 – 0,599. Adapun jenis hubungan variabelnya mengarah kepada sifat positif dengan melihat angka pearson correlation yaitu 0,573 dengan tidak memiliki tanda (-) didepan angka tersebut. Selanjutnya diperoleh koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,329 bermakna bahwa kontribusi variabel bahwa komite madrasah berperan dalam peningkatan mutu Pendidikan madrasah adalah 32,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: komite madrasah; mutu pendidikan; covid-19
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Administration
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Muhammad Dzikry Alizar
Date Deposited: 11 Jul 2023 08:13
Last Modified: 30 Jan 2024 02:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70650

Actions (login required)

View Item View Item