Pengaruh Investasi dalam Aktiva Tetap dan Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada perusahaan sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021

Sintya, Ira (2023) Pengaruh Investasi dalam Aktiva Tetap dan Modal Kerja terhadap Profitabilitas pada perusahaan sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu didirikan perusahaan yaitu untuk memperoleh keuntungan dan perusahaan industri memiliki peran penting bagi pertumbuhan perekonomian diindonesia. Salah satu yang mempengaruhi profitabilitas bisa disebabkan dari investasi dalam aktiva tetap dan modal kerja. Didalam penelitian ini terjadi fluktuasi setiap tahunnya pada perusahaan sektor industri yang terdaftar di BEI dan ada penelitian yang terdahulu yang tidak konsisten. Penelitian ini bertujuam untuk mengetahui apakah Investasi Dalam Aktiva Tetap Dan Modal Kerja Berpengaruh Terhadap Profitabilitas Pada Perusahaan Sektor Industri Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021 secara parsial dan simultan. Teori yang digunakan pada penelitian ini yaitu teori investasi dalam aktiva tetap dan modal kerja. Pada teori investasi dalam aktiva tetap menggunakan rasio pertumbuhan atau growth dan teori modal kerja menggunakan rasio modal kerja Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan perusahaan sektor industri yang terdaftar di BEI pada periode 2017-2021. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, berdasarkan metode tersebut diperoleh 12 perusahaan yang menjadi sampel penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi dokumentasi. Teknik pengolahan data yang dipakai model regresi data panel, pemilihan metode model pengujian data panel, analisis regresi data panel. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis dan uji kofisien determinasi (R2). Hasil penelitian regresi data panel yang digunakan pada penelitian ini ialah Common Effect Model dengan menunjukkan investasi dalam aktiva tetap (X1) memiliki nilai -4.99 atau negatif dan modal kerja (X2) memiliki nilai 1.87 atau positif. Selanjutnya uji t menunjukkan investasi dalam aktiva tetap (X1) tidak berpengaruh secara parsial terhadap profitabilitas (Y) yang ditunjukan dengan nilai thitung -1.922 lebih kecil dari ttabel sebesar 2.002 dan nilai signifikan 0.068 > 0.05. Modal kerja (X2) berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap profitabilitas (Y) yang ditunjukan dengan nilai thitung 3.425 lebih besar dari ttabel 2.002 dan nilai signifikan 0.002 < 0.05. Hasil uji F menunjukan investasi dalam aktiva tetap (X1) dan modal kerja (X2) berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Profitabilitas (Y) yang ditunjukan dengan nilai Fhitung 8.10 lebih besar dari Ftabel 3.16 dan nilai signifikan 0.002 < 0.05. Dengan nilai R-Square sebesar 0.424 atau 42.4% yang artinya investasi dalam aktiva tetap (X1) dan modal kerja (X2) hanya mampu menjelaskan profitabilitas (Y) sebesar 42.4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Investasi Dalam Aktiva Tetap; Modal Kerja; Profitabilitas.
Subjects: Financial Economics, Finance
Accounting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ira Sintya
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:07
Last Modified: 12 Jul 2023 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70700

Actions (login required)

View Item View Item