Ramadhan, Rifky (2023) Hubungan kemampuan menghafal al-Quran dengan prestasi kognitif peserta didik mata pelajaran Qur’an Hadits : Penelitian kuantitatif pada siswa kelas VI di Sekolah Alam Qur’ani Al-Hakim Lembang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (474kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf Download (316kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (497kB) | Request a copy |
||
Text (bab 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (510kB) | Request a copy |
||
Text (bab 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) | Request a copy |
||
Text (bab 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (415kB) | Request a copy |
||
Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (405kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berdasar pada latar belakang berupa pengkajian terhadap hubungan antara kempuan siswa terhadap pengaruhnya di bidang prestasi kognitif. Penelitian ini di lakukan di sebuah lembaga bernama Sekolah Alam Qur’ani Al-Hakim Lembang yang dibentuk mandiri dalam rangka meningkatkan kecintaan dan ketaqwaan terhadap Al-Quran. Dalam mengkaji hal tersebut penulis merumuskannya kedalam beberapa uraian permasalahan yang bertujuan sebagai berikut, 1) Untuk mengetahui kemampuan menghafal Al-Qur’an peserta didik kelas VI di Sekolah Alam Qur’ani Al-Hakim. 2) Untuk mengetahui prestasi kognitif peserta didik mata pelajaran Qur’an Hadist peserta didik kelas VI di Sekolah Alam Qur’ani Al-Hakim. 3) Untuk mengetahui bagaimana Hubungan kemampuan Menghafal Al-Qur’an dengan Prestasi Kognitif Peserta Didik kelas VI pada mata pelajaran Qur’an Hadist di Sekolah Alam Qur’ani Al-Hakim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah korelasional dengan pendekatan kuantitatif berupa penyebaran angket, selain itu data dan informasi juga ditunjang dari literatu-literatur lainnya serta hasil wawancara. Dalam penelitian ini di peroleh hasil bahwa nilai korelasi antara variabel X dan variabel Y sebesar 0,584676 dan merupakan korelasi positif. Besaran nilai korelasi berada pada rentang 0,40-0,70 yang artinya antara variabel X dan variabel Y terdapat korelasi yang sedang atau cukup. Selanjutnya pada taraf perhitungan juga menunjukan hasil yang signifikasi berupa 5% maupun 1%, didapat bahwa nilai r_xy atau r_hitung (0,584676) lebih besar dari nilai r_(tabel(0,05)) (0,4438) dan r_(tabel(0,01)) (0,5614). Dengan demikian hipotesa nol (H_0) ditolak, sedangkan hipotesa alternatif (H_a) diterima. Ini berarti bahwa terdapat hubungan/korelasi yang positif dan signifikan antara hafalan Al-Quran dengan prestasi kognitif peserta didik mata pelajaran Al-Quran Hadist.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Menghafal al-Quran; Prestasi Kognitif; Peserta Didik; Qur’an Hadits |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rifky Ramadhan |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 00:53 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 00:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70707 |
Actions (login required)
View Item |