Interaksi sosial dalam merawat kerukunan umat beragama : Studi Pada Masyarakat Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis

Bahtiar, Miftahul Ulum (2023) Interaksi sosial dalam merawat kerukunan umat beragama : Studi Pada Masyarakat Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (631kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai interaksi sosial masyarakat Kelurahan Ciamis dalam merawat kerukunan umat beragama. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi sosial masyarakat. Kelurahan Ciamis dalam merawat kerukunan umat beragama. Penelitian ini mengunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Adapun pendekatan keilmuan yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah sosiologi agama dengan menggunakan teori dari Talcott Parson tentang skema AGIL dengan focus terhadap interaksi sosial. Data yang dihimpun disajikan dalam bentuk, teks deskriptif, tabel, poto. Adapun yang menjadi sampel penelitian ini adalah warga masyarakat Kelurahan Ciamis berjumlah 3 orang, tokoh agama Kelurahan Ciamis berjumlah 3 orang, dan aparat pemerintah Kelurahan Ciamis berjumlah 1 orang. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Interaksi sosial yang terjadi pada masyarakat Kelurahan Ciamis dalam kehidupan umat beragama berjalan dengan harmonis dan rukun. Penerapan toleransi beragama terlihat dari pemahaman interaksi sosial masyarakat Kelurahan Ciamis dalam merawat kerukunan umat beragama dipahami sebagai suatu pandangan dan sikap dalam kehidupan sosial antar umat beragama yang dilandasi oleh rekam jejak historis, dan kesadaran dalam beragama. Interaksi sosial masyarakat Kelurahan Ciamis dalam merawat kerukunan umat beragama terintegrasi dengan baik, yaitu integrasi dalam aktivitas sosial keagamaan seperti saling membantu dan berbagi dalam kegiatan hari-hari besar masing-masing agama. Integrasi dalam aktivitas sosial masyarakat seperti kegiatan gotong royong, olahraga bersama, dan munggahan bersama. Faktor yang menyebabkan interaksi sosial dalam merawat kerukunan umat beragama di Kelurahan Ciamis berjalan dengan baik antara lain, adanya sifat inklusif, sinergitas tokoh agama, dan doktrin agama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Interaksi; Kerukunan; Agama
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi, Studi Agama Agama
Depositing User: Miftahul Ulum Bahtiar
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:47
Last Modified: 12 Jul 2023 02:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70734

Actions (login required)

View Item View Item