Peran kepemimpinan ketua DKM dalam upaya memakmurkan masjid : Studi deskriptif di Masjid Raya Pondok Indah Raya Jakarta Selatan

Nazhari, Muhammad Ibnu Najib (2023) Peran kepemimpinan ketua DKM dalam upaya memakmurkan masjid : Studi deskriptif di Masjid Raya Pondok Indah Raya Jakarta Selatan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (911kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy

Abstract

Masjid Raya Pondok Indah Kebayoran Lama Selatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan DKI Jakarta, dapat menjadi sebuah jembatan bagi masyarakat menjalin silaturahmi dengan melakukan sebuah upaya memakmurkan masjid, sekaligus menjadi sebuah tempat yang dapat meningkatkan iman dan taqwa. Dengan memakmurkan masjid, maka semakin menghidupkan agama Allah, yakni agama Islam serta masjid dapat menjadi tempat yang memiliki banyak manfaat bagijama’ah dan masyarakat sekitar masjid. Tujuan dari penelitian ini tidak terlepas dari fokus penelitian yang telah di buat, yaitu mengetahui peran pribadi, peran sumber informasi, dan peran pembuat keputusan dari Ketua DKM Masjid Raya Pondok Indah Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan teori yang dikemukakan oleh Henry Minzberg(2014:6) menyatakan bahwa peran kepemimpinan meliputi beberapa peran yaitu, peran interpersonal role (figurhead,leader dan liason), informational role (monitor and desiminator, dan spoke person) dan decision making (enterpreneur, distrubance handler, resource handler dan negotiator). Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang bertujuan untuk menggambarkan dan memberikan penjelasan serta fakta-fakta yangterjadi dilapangan. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi secara langsung. Dari hasil penelitian ini menghasilkan kesimpulan, peran pribadi seorang pemimpin DKM masjid sangat penting untuk memakmurkan masjid. Pimpinan harus menjadi figur yang terlihat baik di dalam dan luar organisasi. Dalam peran pemberi informasi juga terdapat peran sebagai pemimpin yang baik. Pimpinan DKM Masjid Raya Pondok Indah sudah menunjukkan pengaruh yang kuat dalam menjalankan tugasnya, membangun kepercayaan kepada karyawan dan jamaah, serta memberikan apresiasi kepada para karyawan. Dalam peran pembuat keputusan sudah menjadi salah satu penentu kebijakan atau keputusan yang ingin dibuat ketua DKM kemduian ia mampu sebagai sosok dalam memantau atau mengkaji situasi yang ada untuk membuat inovasi baru, dan mampu mengkoordinasikan karyawan yang ada di masjid.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Kepemimpinan; Masjid; Memakmurkan;
Subjects: Applied Psychology > Leadership
Islam
Islam > Da'wah
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Masjid
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Ibnu Najib Nazhari
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:49
Last Modified: 12 Jul 2023 01:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70742

Actions (login required)

View Item View Item