Pengaruh Book Tax Differences dan arus kas operasi terhadap Persistensi laba pada perusahaan yang terlisting di Indeks IDX MES BUMN 17 Periode 2019-2022

Ardillah, Nadwa Rahma (2023) Pengaruh Book Tax Differences dan arus kas operasi terhadap Persistensi laba pada perusahaan yang terlisting di Indeks IDX MES BUMN 17 Periode 2019-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar Isi.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (264kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (403kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (488kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB) | Request a copy

Abstract

Para investor sering kali menganalisis laporan keuangan dalam rangka mengetahui kondisi suatu perusahaan itu sehat atau tidak nya. Laporan Keuangan Terdapat Komponen Penting yang digunakan sebagai sumber informasi dalam pengambilan keputusan yaitu Laba. Laba merupakan sumber utama perusahaan untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Laba yang berkualitas adalah laba yang merefleksikan keberlangsungan laba di masa depan dan telah teruji kebenarannya serta dapat dipercaya. Peristensi laba yang tergambar pada perusahaan merupakan laba yang dapat di pertahankan perusahaan, sehingga laba yang cenderung stabil dan tidak mengalami fluktuatif setiap periode nya merupakan laba yang persisten. Salah satu yang dapat mempengaruhi persistensi laba adalah Book Tax Differences. Akibat perbedaan kebijakan dalam perhitungan laba secara SAK juga peraturan perpajakan menyebabkan adanya perbedaan hingga hadirnya laba akuntansi dan juga laba fiskal. Akibat isu perbedaan kebijakan ini dapat mempengaruhi hasil persistensi laba. Secara teori jumlah arus kas yang berasal dari aktivitas operasi dapat menentukan apakah operasi perusahaan dapat menghasilkan arus kas yang cukup untuk melunasi pinjaman, dapat memelihara kemampuan operasi perusahaan. Karena itu aktivitas operasi mempengaruhi penetapan laba atau rugi perusahaan. Sehingga semakin tinggi komponen aliran kas akan meningkatkan persistensi laba. Hal tersebut tidak sesuai dengan fenomena yang terjadi pada perusahaan yang terlistig di indeks IDX MES BUMN 17 periode 2019-2022 dimana laba komersial secara tahun terkait naik namun persistensi laba pada tahun berikut nya tidak dapat mencerminkan laba tahun berikutnya. Begitu pun dengan arus kas operasi dimana arus kas operasi naik persistesi laba tidak dapat di cerminkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji Book tax differences terhadap persistensi laba, dan pengaruh arus kas operasi terhadap persistensi laba baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan sumber data sekunder menggunakan laporan keuangan, dan metode analisis regresi data panel menggunakan alat perangkat lunak E-views 12. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Book tax differences secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba, dengan hasil uji t 0.4925. (2) Arus kas operasi secara parsial berpengaruh signifikan terhadap persistensi laba, dengan hasil uji t sebesar 0.0222. (3) Book tax differences dan Arus kas operasi secara simultan beperngaruh terhadap persistensi laba dengan hasil uji F sebesar 0.000010.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Book Tax Differences; Arus kas operasi; Persistensi laba
Subjects: Administration of The Physical Plant
Accounting
Accounting > Tax Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Akuntansi Syariah
Depositing User: Nadwa Rahma Ardillah
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:29
Last Modified: 12 Jul 2023 02:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70759

Actions (login required)

View Item View Item