Bimbingan Islam untuk meningkatkan Positive Thinking siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Atas Mekar Arum kelas X Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Riana, Dhea (2023) Bimbingan Islam untuk meningkatkan Positive Thinking siswa : Penelitian di Sekolah Menengah Atas Mekar Arum kelas X Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena mengenai rendahnya positive thinking siswa, yaitu kesulitan dalam bersosialisasi dengan lingkungan baru, cenderung berprasangka buruk terhadap sesuatu, mudah tersinggung, dan hubungan sesama teman tidak baik. Oleh sebab itu, layanan bimbingan Islam perlu dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan positive thinking pada siswa. Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) untuk mengetahui kondisi positive thinking siswa; 2) untuk mengetahui proses bimbingan Islam dalam meningkatkan positive thinking siswa; 3) untuk mengetahui hasil dari bimbingan Islam dalam meningkatkan positive thinking siswa kelas X di SMA Mekar Arum-Cinunuk. Penelitian ini didasari bahwa layanan bimbingan Islam dapat membantu individu untuk memiliki positive thinking (berpikir positif) terhadap lingkungan dan kehidupannya. Penelitian ini berlandaskan pada teori bimbingan Islam dan positive thinking. Bimbingan Islam adalah suatu proses bimbingan yang dilakukan secara berkelanjutan dan terarah terhadap individu agar ia dapat mengembangkan potensi dirinya dan hidup selaras dengan ketentuan atau nilai-nilai Al-Qur’an dan Hadist, sehingga dapat mencapai kebahagiaan di dunia dan akhirat. Positive thinking (berfikir positif) adalah cara pandang seseorang dalam melihat suatu hal dari sisi yang positif atau mencari hal-hal positif dari setiap peristiwa sehingga mengarahkan seseorang untuk bertindak dan menghasilkan tindakan-tindakan yang positif pula (Chatton, 2016: 14). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif deskriptif yaitu memberikan gambaran secara sistematis, aktual dan faktual mengenai bimbingan Islam untuk meningkatkan positive thinking siswa SMA Mekar Arum kelas X Desa Cinunuk Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi Berdasarkan hasil temuan dalam proses penelitian, menunjukan bahwa pelaksanaan bimbingan Islam untuk meningkatkan positive thinking siswa kelas X di SMA Mekar Arum Cinunuk dapat dikatakan efektif dan berhasil. Terlihat adanya perubahan dari siswa baik secara psikis maupun prilaku yang mengarah pada pribadi yang lebih positif yaitu timbul hubungan yang baik sesama teman, lebih tenang ketika menghadapi permasalahan dan lebih mampu mengontrol emosi. Sehingga diketahui siswa memiliki positive thinking mencapai 80% lebih baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islam; Positive thinking; Siswa
Subjects: Differential and Developmental Psychology
Religious Experiences
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Dhea Riana
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:43
Last Modified: 12 Jul 2023 02:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70765

Actions (login required)

View Item View Item