Pengaruh pola asuh orang tua pekerja pabrik terhadap akhlak Madzmumah : Studi kuantitatif kepada siswa di SMA Darul Fatwa Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang

I'timamah, Dyahanny Umm (2023) Pengaruh pola asuh orang tua pekerja pabrik terhadap akhlak Madzmumah : Studi kuantitatif kepada siswa di SMA Darul Fatwa Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy

Abstract

SMA Darul Fatwa merupakan sekolah berbasis pesantren yang lokasinya berdekatan dengan kawasan industri. Tak sedikit siswa-siswi di SMA Darul Fatwa memiliki orang tua yang bekerja di pabrik. Orang tua pastinya memiliki pola asuh yang berbeda terhadap anaknya, Pola asuh merupakan suatu cara terbaik yang ditempuh orang tua dalam mendidik, membimbing, dan mendisiplinkan anak-anaknya, pola asuh adalah salah satu bagian terpenting dalam suatu keluarga, dimana anak akan berproses dan belajar bertingkah laku sesuai harapan dan standar sosial. Namun terkadang, waktu yang dimiliki orang tua dalam memperhatikan anaknya terjadi secara tidak maksimal, karena orang tua sibuk dengan pekerjaannya. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pola asuh yang diterapkan orang tua pekerja pabrik pada anaknya yang bersekolah di SMA Darul Fatwa. 2) Untuk mengetahui profil akhlak madzmumah siswa SMA Darul Fatwa. 3) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pola asuh terhadap akhlak madzmumah pada remaja di SMA Darul Fatwa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dimana penelitiannya menggunakan instrumen-instrumen formal, bestandar, bersifat mengukur, serta data-data dalam penelitiannya disajikan dalam bentuk angka-angka dengan metode regresi linear.Berdasarkan hasil penelitian, mayoritas remaja di SMA Darul Fatwa menerima pola asuh demokratis dengan persentase sebesar 52%. Peneliti menambahkan data berupa wawancara, dimana orang tua siswa ini memberikan pola asuh secara demokratis, berarti pola asuh yang diterapkan orang tua pekerja pabrik tergolong memadai walau sibuk bekerja. Walaupun mayoritas remaja menerima pola asuh baik, tetapi mereka masih melakukan perilaku-perilaku tercela (akhlak madzmumah) yang digolongkan pada dua kelompok, pertama maksiat lahir dan kedua maksiat batin dengan persentase sebesar 32,5% berada pada kategori sedang dan 25% berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap akhlak madzmumah kepad siswa di SMA Darul Fatwa bahwa keduanya memiliki pengaruh yang signifikan. Nilai korelasional sebesar -0,416 > 0,312. Nilai korelasional bersifat negatif artinya semakin baik pola asuh yang diterapkan orang tua maka akan semakin menurun akhlak madzmumah pada remaja. Sedangkan, nilai regresi t hitung sebesar 7,965 dengan tingkat signifikan sebesar 0,008 < 0,05 dan pola asuh memberikan sumbangan pengaruh kepada akhlak madzmumah sebesar 15,2%, itu artinya 84,8% akhlak madzmumah dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Akhlak Madzmumah; Pola Asuh Orang Tua; Siswa
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Family Members
Islam > Specific Moral Issues
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Dyahanny Umm I'timamah
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:03
Last Modified: 14 Jul 2023 01:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70776

Actions (login required)

View Item View Item