Peran guru bimbingan konseling dalam memberikan bimbingan karir terhadap disorientasi karir siswa : Penelitian pada siswa kelas XII SMK Bunga Persada Cianjur

Herlani, Siti Alfina (2023) Peran guru bimbingan konseling dalam memberikan bimbingan karir terhadap disorientasi karir siswa : Penelitian pada siswa kelas XII SMK Bunga Persada Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI-.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB IV-1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Dalam latar belakang penelitian, dikemukakan bahwa penentuan karir yang tepat adalah hal yang perlu didukung dan diarahkan. Bukan berlebihan jika pemilihan karir menentukan nasib kedepanya, baik menyangkut pencapaian, relasi sosial.. Namun masih banyak sekali yang keliru dalam hal ini, sehingga nantinya akan berdampak yang signifikan terhadap proses yang mendatang. Maka guru bimbingan konseling merupakan sebagai fasilitator dalam memberikan motivasi dan arahan kepada siswa terkait karir kedepanya. Tujuan penelitian ini diantaranya yaitu terkait faktor-faktor yang meyebabkan siswa merubah orientasi karir, untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam menangani permasalahan orientasi karir siswa, untuk mengetahui hasil dari layanan bimbingan karir terhadap perubahan orientasi karir siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi serta melakukan wawancara tertulis dengan ketiga siswa dan guru bimbingan konseling. Konsep bimbingan karir yang digunakan pada penelitian ini ialah pemberian bantuan oleh guru bimbingan konseling kepada siswa yang sulit atau yang memiliki kendala dalam proses penentuan orientasi karir dengan cara melakukan layanan bimbingan karir menggunakan metode bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, bimbingan individu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan karir yang diberikan guru BK memiliki dampak signifikan pada siswa yang memiliki permasalahan terhadapat orientasi karir, siswa dapat menentukan dan memutuskan orientasi karir sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki olehnya, serta hambatan dari faktor eksternal dapat terselesaikan secara baik melalui bimbingan karir individu dengan melibatkan keluarga siswa terkait.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Guru bimbingan dan konseling; Bimbingan Karir; Orientasi; Siswa
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Siti Alfina Herlani
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:54
Last Modified: 12 Jul 2023 01:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70793

Actions (login required)

View Item View Item