Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Assets (ROA) pada PT. Bank Muamalat Indonesia periode 2012-2022

Choirunnisa, Ghina Zahira (2023) Pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Assets (ROA) pada PT. Bank Muamalat Indonesia periode 2012-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Salah satu indikator kinerja keuangan suatu bank adalah melihat tingkat profitabilitasnya. Return on Assets (ROA) merupakan salah satu rasio yang dapat digunakan sebagai tolak ukur profitabilitas suatu bank. Tinggi rendahnya Return on Assets (ROA) dapat dipengaruhi oleh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR).Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial terhadap Return on Assets (ROA), pengaruh Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial terhadap Return on Assets (ROA) dan pengaruh Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) secara simultan terhadap Return on Assets (ROA) pada PT. Bank Muamalat Indonesia periode 2012-2022. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) terhadap Return on Assets (ROA) memiliki pengaruh yang positif. Dimana apabila Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) mengalami peningkatan, maka akan diikuti oleh peningkatan pada Return on Assets (ROA). Metode penelitian yang dihunakan adalah metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data penelitian yang digunakan adalah jenis data kuantitatif dengan sumber data sekunder time series (runtun waktu) yaitu laporan keuangan tahunan PT. Bank Muamalat Indonesia periode 2012-2022 yang diperoleh melalui website resminya. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yaitu analisis deskriptif, analisis asumsi klasik dan analisis kuantitatif, sedangkan hipotesis pada penelitian ini diperoleh dari hasil uji t dan uji f. Data penelitian diolah dengan menggunakan software SPSS for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa; 1) Capital Adequacy Ratio (CAR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA) dengan nilai r square sebesar 0,0352819 atau 3,53%. 2) Financing to Deposit Ratio (FDR) secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA) dengan nilai r square sebesar 0,30318 atau 30,31%. 3) Capital Adequacy Ratio (CAR) dan Financing to Deposit Ratio (FDR) secara simultan tidak berpengaruh signifikan terhadap Return on Assets (ROA) dengan nilai r square sebesar 0,46040 atau 46,04%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Adequacy Ratio (CAR); Financing to Deposit Ratio (FDR); Return on Assets (ROA).
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ghina Zahira Choirunnisa
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:24
Last Modified: 12 Jul 2023 06:24
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70804

Actions (login required)

View Item View Item