Bimbingan karir dengan pendekatan humanistik dalam meningkatkan percaya diri siswa : Penelitian terhadap siswa kelas XI SMK Igasar Pindad, Bandung

Fatimah, Ratih (2023) Bimbingan karir dengan pendekatan humanistik dalam meningkatkan percaya diri siswa : Penelitian terhadap siswa kelas XI SMK Igasar Pindad, Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar Isi.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_Bab 1.pdf

Download (348kB) | Preview
[img] Text
5_Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
6_Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
7_Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text
8_Referensi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy

Abstract

SMK sebagai sekolah menengah yang dirancang untuk menyiapkan lulusan siap kerja, tidak dipungkiri dalam realitanya masih terdapat lulusan SMK yang belum siap memasuki dunia kerja bahkan belum memiliki pekerjaan. Penelitian ini adalah untuk membahas bagaimana kondisi percaya diri siswa, bagaimana proses bimbingan karir, bagaimana tindak lanjut serta hasil dari bimbingan karir dengan pendekatan humanistik dalam meningkatkan percaya diri siswa kelas XI SMK Igasar Pindad Kota Bandung. Penelitian ini menggunakan teori hirarki kebutuhan yang dikemukakan oleh Abraham Maslow yang mengemukakan bahwa manusia memiliki kebutuhan yang bertingkat mulai dari kebutuhan akan fisiologis, kebutuhan akan keselamatan, kebutuhan akan rasa cinta, kebutuhan akan penghargaan terhadap diri, dan berpuncak pada kebutuhan akan aktualisas diri yang dapat diwujudkan salah satunya dengan rasa percaya diri. Adapun konsep pokok dari penelitian ini adalah bagaimana proses bimbingan karir dengan pendekatan humanistik ini dapat meningkatkan percaya diri siswa terhadap rencana karirnya di masa depan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yaitu penelitian yang mengungkapkan data yang ada di lapangan dan menyertakan hasil analisa yang diperoleh melalui sumber data primer yang berasal dari siswa dan guru BK SMK Igasar Pindad Kota Bandung, serta sumber data sekunder yang diperoleh dari buku, dokumen, dan artikel. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi yang dilakukan selama lima bulan, kemudian wawancara yang dilakukan kepada delapan informan yang terdiri dari guru BK dan siswa kelas XI, studi pustaka, dan dokumentasi yang berkaitan dengan data yang dibutuhkan yang bersumber dari SMK Igasar Pindad Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa kondisi percaya diri siswa terhadap karirnya beragam mulai dari siswa yang sudah memiliki rasa percaya diri terhadap karirnya dibuktikan dengan sudah bisa menentukan minat karir, dan juga masih terdapat siswa yang belum memiliki rasa percaya diri terhadap karirnya, dibuktikan dengan masih bimbang dan bahkan belum bisa menentukan rencana karirnya; hasil penelitian ini juga menunjukan bahwa proses bimbingan karir dengan pendekatan humanistik dan tindak lanjut bimbingan karir dengan metode dan setting yang beragam membuahkan hasil pada peningkatan rasa percaya diri siswa terhadap rencana karirnya di masa depan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir; Humanistik; Percaya Diri
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ratih Fatimah
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:57
Last Modified: 12 Jul 2023 04:57
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70806

Actions (login required)

View Item View Item