Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi menghafal al-Qur'an pada santri : Penelitian di Pondok Pesantren Madinatul Huffazh Al-khoir

Mumtaziah, Fatya Fatihatul (2023) Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi menghafal al-Qur'an pada santri : Penelitian di Pondok Pesantren Madinatul Huffazh Al-khoir. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1 (1).pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (497kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (412kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya pesantren tahfidz yang diperuntukkan bagi mahasiswa untuk mewadahi agar mereka tetap bisa mengahafal Al-Qur’an ditengah- tengah kesibukkannya sebagai mahasiswa, tetapi tidak sedikit pula mereka yang gugur karena tidak bisa menyeimbangkan dan kurangnya motivasi untuk tetap menghafal Al-Qur’an serta menggapai target yang mereka inginkan. Maka, upaya yang dilakukan adalah dengan adanya bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada santri. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui program bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada santri, 2) Untuk mengetahui proses bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada santri, dan 3) Untuk mengetahui peningkatan semangat santri setelah adanya bimbingan keagamaan. Penelitian ini berlandaskan pada teori bimbingan Keagamaan dan teori motivasi. Teori bimbingan keagamaan digunakan karena metode yang dipakai pada penelitian ini yaitu metode bimbingan kegamaan serta teori motivasi karena adanya bimbingan keagamaan ini agar menaikan semangat santri dalam menghafal Al-Qur’an. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yaitu menggambarkan atau menganalisis secara sistematis, aktual dan faktual suatu hasil penelitian tentang Bimbingan keagamaan untuk meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada santri. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi dan wawancara. Kemudian data didokumentasikan berupa catatan verbatim yaitu catatan lengkap dalam semua hal pembicaraan ketika melakukan wawancara dan observasi tanpa adanya penambahan dan pengurangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan keagamaan dapat meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Madinatul Huffazh Al- Khoir dengan program- program yang ada seperti bimbingan tahfidz, tahsin, tasmi, tashih dan pengambilan sanad. Juga dengan metode ceramah dan halaqah. Terjadi peningkatan motivasi menghafal Al-Qur’an diantaranya santri dapat tetap berkomitmen untuk menghafal Al-Qur’an sehingga dapat menjaga kemurnian ayat- ayat yang ada dalam Al-Qur’an karena itu sebuah tanggung jawab yang wajib dijalankan oleh penghafal Al-Qur’an. Kesimpulannya bimbingan keagamaan dapat meningkatkan motivasi menghafal Al-Qur’an pada santri di Pondok Pesantren Madinatul Huffazh Al- Khoir.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Keagamaan; Motivasi; Santri;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Fatya Fatihatul Mumtaziah
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:19
Last Modified: 12 Jul 2023 04:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70825

Actions (login required)

View Item View Item