Evaluasi penyerapan anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di Kecamatan Astanaanyar tahun 2021

Salsabila, Tarisa (2023) Evaluasi penyerapan anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di Kecamatan Astanaanyar tahun 2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (76kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB) | Request a copy

Abstract

Pemerataan pembangunan dan pemberdayaan daerah masih ada yang belum merata. Penyelesaian permasalahan tersebut, pemerintah setiap daerah Kota maupun Kabupaten harus membuat sebuah kebijakan untuk mengelola pembangunan dan pemberdayaan di daerahnya. Salah satunya di Kota Bandung yang telah menerapkan kebijakan mengenai pengelolaan pembangunan dan pemberdayaan melalui Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK). Kecamatan Astanaanyar merupakan salah satu unsur pelaksana yang sudah menjalankan program tersebut dari tahun ke tahun namun masih terdapat beberapa anggaran yang tidak mencapai target sehingga perlu dilakukan evaluasi mengenai kinerja keuangannya. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui bagaimana evaluasi penyerapan anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di Kecamatan Astanaanyar dalam menyelesaikan setiap permasalahan yang ada. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori David Hunger dan Thomas Whellen mengenai proses evaluasi. Dalam pendekatan yang digunakan oleh Thomas Hunger dan David Whelen (1985) terdapat lima proses atau tahapan yang menentukan seberapa tinggi diperlukannya evaluasi pada program tersebut,, yaitu : (i) menentukan yang akan diukur; (ii) menetapkan standar kinerja; (iii) mengukur kinerja aktual; (iv) perbandingan kinerja akrual dengan standar kinerja; (v) pengambilan tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat evaluasi dari penyerapan anggaran Program Inovasi Pembangunan dan Pemberdayaan Kewilayahan (PIPPK) di Kecamatan Astanaanyar pada tahun 2021 sudah cukup baik, namun belum terealisasi secara maksimal karena adanya wabah covid-19, sedangkan aspek yang paling vital yang menyebabkan kurangnya pelaksanaan PIPPK ini adalah masalah pemberdayaan masyarakat yang masih kurang diperhatikan yang mana diperlukannya bimbingan yang lebih terkait PIPPK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi; Anggaran; PIPPK
Subjects: Public Administration
Accounting > Financial Reporting
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Tarisa Salsabila
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:41
Last Modified: 12 Jul 2023 07:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70860

Actions (login required)

View Item View Item