Pengaruh bimbingan Islami dalam kegiatan Islamic leadership Camp terhadap pembentukan karakter Da'i : Penelitian pada anggota LDM UIN SGD Bandung 2022

Amelia, Chindy (2023) Pengaruh bimbingan Islami dalam kegiatan Islamic leadership Camp terhadap pembentukan karakter Da'i : Penelitian pada anggota LDM UIN SGD Bandung 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (622kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (519kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy

Abstract

Lembaga Dakwah Mahasiswa (LDM) UIN SGD Bandung ialah organisasi yang berdiri dengan ratusan kader, dimana sangat diperlukan manajemen sumber daya manusia yang baik sehingga tercapai keberhasilan organisasi. Dalam hal ini kader merupakan bagian krusial dalam suatu organisasi yang melakukan proses pengelolaan, oleh karenanya hal tersebut menjadi kekhawatiran khususnya bagi para pengurus LDM. Dalam mengatasi hal tersebut LDM telah melakukan upaya untuk meningkatkan kualitas kadernya, salah satunya dengan tahap alur kaderisasi. LDM memiliki 3 tahapan alur kaderisasi, dimana kegiatan ini disebut sebagai pelatihan da’i tingkat 1, pelatihan da’i tingkat 2, dan pelatihan da’i tingkat 3. Dalam tahap ketiga inilah para kader dibentuk dan dilakukan pembinaan kepemimpinan serta persiapan untuk melanjutkan estafeta dakwah dan organisasi. Alur kaderisasi tahap ketiga LDM pada tahun 2022 diberi nama lapangan yaitu Islamic Leadership Camp. Kegiatan Islamic Leadership Camp memiliki tujuan salah satunya sebagai wadah pembentukan karakter da’i (para kader LDM) serta dalam pelaksanaannya memiliki konsep bimbingan Islami. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh bimbingan Islami dalam kegiatan Islamic leadership camp terhadap pembentukan karakter da’i pada anggota LDM UIN Sunan Gunung Djati Bandung 2022. Dengan berlandaskan pada aspek variabel bimbingan Islami yaitu materi, metode, bentuk serta aspek variabel pembentukan karakter yaitu moral knowing, moral feeling, dan moral doing. Bimbingan Islami memiliki peran penting salah satunya dalam pembentukan karakter. Dengan demikian dapat diasumsikan bahwa terdapat pengaruh antara bimbingan Islami terhadap pembentukan karakter. Jika individu telah mengikuti kegiatan bimbingan Islami dengan baik serta mendapatkan pemahaman pada bimbingan Islami, maka karakter yang terbentuk adalah karakter yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi dan skala. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah anggota LDM UIN SGD Bandung yang lulus pada kegiatan Islamic Leadership Camp 2022 sebanyak 43 responden. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh bimbingan Islami terhadap pembentukan karakter da’i pada anggota LDM UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang lulus pada kegiatan Islamic Leadership Camp 2022 secara signifikan, dengan nilai signifikansinya sebesar 0.002 < 0.05. Adapun presentase besaran pengaruh dari bimbingan Islami terhadap pembentukan karakter dapat dilihat dari nilai R square sebesar 0.206, artinya sebesar 20.6% pembentukan karakter dipengaruhi oleh bimbingan Islami dalam kegiatan Islamic leadership camp, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Islami; Pembentukan Karakter
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Chindy Amelia
Date Deposited: 13 Jul 2023 01:12
Last Modified: 13 Jul 2023 01:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70862

Actions (login required)

View Item View Item