Pengaruh Net Income (NI) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return on Asset (ROA) : Studi kasus pada PT. Alakasa Industrindo Tbk yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Sutisna, Eka (2023) Pengaruh Net Income (NI) dan Debt to Equity Ratio (DER) terhadap Return on Asset (ROA) : Studi kasus pada PT. Alakasa Industrindo Tbk yang terdaftar di Index Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh salah satu kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba atau keuntungan dengan semua aktiva yang dimiliki perusahaan itu yang disebut dengan Return on Asset (ROA), karena dengan mengetahui Return on Asset sebuah perusahaan akan berguna utuk memberikan informasi seberapa efisien perusahaan itu dalam menjalankan usahanya. Hal mempengaruhi Return on Asset (ROA) salah satunya adalah Net Income (NI) yaitu laba bersih suatu perusahaan dan Debt to Equty Ratio (DER) yaitu rasio yang digunakan untuk menilai utang dengan ekuitas. Dengan adanya teori tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti Pengaruh Net Income (NI) dan Debt to Equity Ratio(DER) terhadap Return on Asset (ROA) studi kasus pada PT. Alakasa Industrindo Tbk yang terdaftar di Index saham syariah Indonesia (ISSI) Periode 2013-2022. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh Net Income (NI) secara parsial terhadap Return on Asset (ROA), pengaruh Debt to Equity Ratio(DER) secara parsial terhadap Return on Asset (ROA) dan pengaruh Net Income(NI), Debt to Equity Ratio (DER) secara simultan terhadap Return on Asset (ROA) di PT Alakasa Industrindo Tbk, Periode 2013-2022. Metode dalam penelitian ini yaitu dengan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder runtun waktu (time series) yang diperoleh dari publikasi laporan keuangan PT. Alakasa Industrindo Tbk. Periode 2013-2022. Analisis pada penelitian ini adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linier (Sederhana dan Berganda). Analisis Korelasi pearson product moment (PPM), Analisis Koefisien Determinasi, dan analisis Hipotesis (Uji T dan F) dan Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 29.0 Hasil penelitian menunjukan bahwa Net Income (NI) secara parsial berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA) dengan koefisien determinasi 88,4% dan thitung sebesar 7,820. Sedangkan Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial tidak berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA) dengan koefisiensi determinasi 4,8% dan thitung sebesar 0,635. Dan pada hal yang sama pengaruh Net Income (NI) dan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh terhadap Return on Asset (ROA) yakni Fhitung sebesar 26,757 dan koefisiensi determinasi 88,4%, sisanya 23,97% merupakan persentasi dari factor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Income (NI); Debt to Equity Ratio (DER); Return on Asset (ROA)
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: eka sutisna
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:50
Last Modified: 13 Jul 2023 03:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70865

Actions (login required)

View Item View Item