Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2021

Husna, Silvia Latipatul (2023) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada Perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) : Studi di PT. United Tractors Tbk. periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (36kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (449kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengenai Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. United Tractors Tbk Periode 2012-2021. Debt to Equity Ratio (DER) merupakan rasio solvabilitas yang menggambarkan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka panjang. Sedangkan Current Ratio (CR) merupakan rasio likuiditas yang melihat sejauh mana perusahaan dapat membayar kewajiban jangka pendeknya. Dan Net Profit Margin (NPM) merupakan rasio profitabilitas melihat sejauh mana kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM), berapa besar pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Net Profit Margin (NPM), dan berapa besar pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) secara simultan terhadap Net Profit Margin (NPM) pada PT. United Tractors Tbk. Periode 2012-2021. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini menggunakan teori ketika (DER) menghadapi penurunan maka (NPM) akan menghadapi kenaikan, begitupun kebalikannya ketika (NPM) menghadapi penurunan maka (DER) akan menghadapi kenaikan. Dan begitupun ketika (CR) menghadapi penurunan maka(NPM) akan menghadapi kenaikan, begitupun kebalikannya ketika (NPM) menghadapi penurunan maka (CR) akan menghadapi kenaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan PT. United Tractors Tbk. Periode 2012-2021. Adapun Teknik analisis yang digunakan dalam penelitia ini diantaranya analisis regresi, korelasi, koefisien determinasi, uji t-statistik dan uji F-statistik. Hasil penelitian menunjukan Debt to Equity Ratio (DER) berpengaruh tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) sebesar 20,1% yang artinya kurang sesuai dengan prinsif ariyah dalam manajemen keuangan syariah. Dan Current Ratio (CR) secara parsial berpengaruh tidak signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) sebesar 37,3% ini kurang sesuai dengan prinsif qard dalam manajemen keuangan syariah. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa Debt to Equity Ratio (DER) dan Current Ratio (CR) berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin (NPM) sebesar 38,6% Pada PT. United Tractors Tbk. Periode 2012-2021 ini sesuai dengan prinsif tijaroh dalam manajemen keuangan syariah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio (DER); Current Ratio (CR); Net Profit Margin (NPM);
Subjects: Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Silvia Latipatul Husna
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:05
Last Modified: 13 Jul 2023 03:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70879

Actions (login required)

View Item View Item