Habibah, Siti (2023) Pengaruh intensitas bimbingan menghafal Al-Qur'an terhadap kecerdasan intelektual: Penelitian di Pondok Tahfiz Pesantren Persatuan Islam Tarogong. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (334kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (445kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
||
Text
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) | Request a copy |
Abstract
Intensitas bimbingan mengahfal Al-Qur’an merupakan kegiatan yang dilaksanakan di pondok tahfiz pesantren persatuan Islam tarogong. Program bimbingan yang dilaksanakan dipondok tahfiz merupakan bagian dari unit pengembangan tilawah hifdzil Qur’an (THQ) yang ada di pesantren, yang merupakan salah satu ciri khas kegiatan pembelajaran yang dimilik oleh pesantren persatuan Islam tarogong. Pondok Tahfiz merupakan tempat tinggal untuk santri yang memiliki hafalan lebih dari santri yanh lainnya. Ini dikhususkan untuk para santri agar semakin termotivasi untuk menghafal Al-Qur’an serta untuk memudahkan snatri dalam menambah dan menjaga hafalan, di pondok Tahfiz para santri memiliki target menyetorkan hafalan setiap harinya. santri yang tinggal di pondok tahfiz sebanyak ada 36, 33 orang pernah mengikuti perlombaan, diantaranya lomba MHQ, tahfiz, olimpiade, cerdas cermat, pramuka. Intensitas bimbingan menghafal Al-Qur’an ini dapat memunculkan permasalahan, apakah intensitas bimbingan menghafal Al-Qur’an yang ada di pondok tahfiz mempengaruhi pada kecerdasan intelektual santri. Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kegiatan intensitas bimbingan menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan intelektual. Berdasarkan pada indikator variabel X bimbingan menghafal Al-Qur’an, dan variabel Y (kecerdasan intelektual). Kerangka teori yang digunakan pada variabel x (bimbingan menghafal Al-Qur’an) yaitu terdiri dari teori bimbingan, adab-adab dalam menghafal Al-Qur’an dan cara menjaga hafalan Al-Qur’an. Adapun kerangka teori yang digunakan pada variabel Y (kecerdasan intelektual) yaitu teori dari Menurut Robert J. Strenberg bahwa ada tiga bentuk indikator kecerdasan, yaitu: 1) Kecerdasan kreatif, 2) Kecerdasan analisis 3) Kecerdasan praktis. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kuantitatif deskriptif untuk menjelaskan dengan teknik analisis data regresi untuk menguji pengaruh suatu variabel bebas dan variabel terikat. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu, observasi, wawancara dan skala. Berdasarkan hasil dari penelitian bahwa intensitas bimbingan menghafal Al-Qur’an memiliki pengaruh yang besaran kontribusi variabel X (bimbingan menghafal Al-Qur’an) terhadap variabel Y (kecerdasan intelektual) yang diinterpretasikan pada rumus koefisien determinasi 0,111² x 100% = 12,03% yang artinya hal ini menunjukan persentase pengaruh bimbingan menghafal Al-Qur’an terhadap kecerdasan intelektual dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Untuk peneliti yang akan meneliti mengenai intensitas bimbingan menghafal Al-Qur’an atau kecerdasan intelektual hendaknya dilakukan secara mendalam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan Menghafal Al-Qur'an; Kecerdasan Intelektual |
Subjects: | Conscious Mental Process and Intelligence Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Siti Habibah |
Date Deposited: | 13 Jul 2023 02:37 |
Last Modified: | 13 Jul 2023 02:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70896 |
Actions (login required)
View Item |