Bimbingan konseling individu dalam membantu meningkatkan kemampuan pennyesuaian diri siswa di sekolah: Penelitian pada Siswa Kelas X SMA Mekar Arum Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung

Nursyamhaqi, Wulan (2023) Bimbingan konseling individu dalam membantu meningkatkan kemampuan pennyesuaian diri siswa di sekolah: Penelitian pada Siswa Kelas X SMA Mekar Arum Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (330kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB) | Request a copy

Abstract

Penyesuaian diri merupakan salah satu hal yang penting bagi siswa ketika berada di lingkungan sekolah. Apabila siswa memiliki penyesuaian diri yang baik maka akan mampu memahami kemampuan serta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya, sehingga mereka dapat melakukan suatu hal dengan baik. Pada umumnya siswa ketika awal masuk ke sekolah terdapat beberapa hambatan salahsatunya hambatan dalam penyesuaian diri. Permasalahan penyesuaian diri ini juga terjadi pada siswa kelas X SMA Mekar Arum Cileunyi masih ada yang belum bisa menyeimbangkan antara keadaan dirinya dengan lingkungan sekolah sehingga diperlukannya layanan bimbingan konseling individu agar proses dalam mengatasi permasalahannya lebih terfokus terhadap individu. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui konsep, proses dan hasil dilaksanakan bimbingan konseling individu dalam membantu meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa di sekolah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori yang dikemukakan oleh Tohirin bahwa bimbingan konseling individu merupakan proses pemberian bantuan yang diberikan kepada seorang individu oleh konselor dengan cara tatap muka langsung, sehingga terdapat timbal balik antara konselor dan konseli agar konseli juga mampu mempunyai suatu keahlian dalam mengetahui dan memiliki kemampuan mengentaskan masalahnya secara sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan deskriptif dengan pendekatan kualitatif, metode ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis suatu hasil penelitian yang dilaksanakan di lapangan. Adapun teknik dari pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan konseling yang ada di SMA Mekar Arum Cileunyi ini terdapat bimbingan klasikal, bimbingan kelompok dan bimbingan konseling individu. Bimbingan konseling individu merupakan program yang digunakan dalam membantu meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa di SMA Mekar Arum Cileunyi, aspek proses bimbingan konseling individu dilaksanakan selama 2 sampai 7 pertemuan melalui tiga tahapan yaitu pertama tahap awal identifikasi masalah dari siswa, kedua pemberian solusi terhadap masalah yang terjadi, dan ketiga tahap akhir adanya evaluasi dari guru BK terhadap perubahan siswa. Hasil diadakannya bimbingan konseling individu menunjukan penyesuaian diri siswa yang meningkat ditandai dengan siswa dapat memahami kemampuan yang ada pada dirinya dan dapat bersosialisasi dengan keadaan sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Konseling Individu; Penyesuaian Diri
Subjects: Education
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Wulan Nursyamhaqi
Date Deposited: 13 Jul 2023 03:21
Last Modified: 13 Jul 2023 03:21
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70901

Actions (login required)

View Item View Item