Pengaruh Current Ratio dan Liabilities To Equity Ratio terhadap Net Profit Margin pada perusahaan ritel sub sektor industry barang rumah tangga yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022

Winda, Ria (2023) Pengaruh Current Ratio dan Liabilities To Equity Ratio terhadap Net Profit Margin pada perusahaan ritel sub sektor industry barang rumah tangga yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2013-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian berupa permasalahan Gap Research serta terjadinya fenomena gap terhadap pergerakan Current Ratio dan Liabilities To Equity Ratio terhadap Net Profit Margin. Net Profit Margin atau dalam syariah disebut Murabahah. Faktor yang dapat mempengaruhi Net Profit Margin adalah Current Ratio sesuai dengan istilah syariah berkaitan dengan Al-Qard dan Liabilities To Equity Ratio berkaitan dengan istilah syariah yaitu Mudharabah yaitu harta atau asset yang dibiayai hutang. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah Current Ratio secara parsial berpengaruh terhadap Net Profit Margin, apakah Liabilities To Equity Ratio secara parsial berpengaruh terhadap Net Profit Margin, dan apakah Current Ratio dan Liabilities To Equity Ratio secara simultan berpengaruh terhadap Net Profit Margin. Penelitian ini mempunyai kerangka berpikir yang menggambarkan keadaan saling mempengaruhi antara variabel Current Ratio dan Liabilities To Equity Ratio terhadap Net Profit Margin. Apabila Current Ratio mengalami peningkatan maka Net Profit Margin juga akan mengalami peningkatan. Sedangkan Liabilities To Equity Ratio mengalami peningkatan maka Net Profit Margin akan mengalami penurunan. Namun Net Profit Margin juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dijadikan variabel dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif verifikatif pendekatan kuantitatif. Dengan data panel yang dijadikan sebagai inti data. Sumber data yang digunakan berupa sekunder. Sampel yang diperoleh sebanyak 3 perusahaan dari total 7 populasi yang telah terkumpulkan melalui Teknik purposive sampling. Serta Teknik analisis yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis regresi data panel, uji hipotesis dengan uji t serta uji f dan uji koefisien determinasi. Proses olah data dibantu dengan Softwere e-views 12. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Current Ratio secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Net Profit Margin dibuktikan dengan nilai thitung -0.234647 < ttabel 2.05183 dan Probabilitas 0.8164 > 0.05, artinya H1 ditolak. Secara prinsip sesuai dengan teori akad Al-Qardh. Begitu juga dengan Liabilities To Equity Ratio secara parsial tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap Net Profit Margin dengan nilai thitung -1.333052 < ttabel 2.05183 dan probabilitas 0.1945 > 0.05, artinya H2 ditolak. sesuai dengan teori akad Mudharabah. Secara simultan Current Ratio dan Liabilities To Equity Ratio berpengaruh signifikan terhadap Net Profit Margin dengan nilai Fhitung 63.21176 > 3.37 dan probabilitas 0.000000 < 0.05 artinya H3 diterima. hal ini sesuai dengan teori akad Murabahah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Current Ratio (CR); Liabilities To Equity Ratio (LER); Net Profit Margin (NPM)
Subjects: Business > Data Processing and Analysis of Business
Accounting
Accounting > Cost Accounting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Accounting > Accounting for Specific Phases of Business Activity
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Ria Winda
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:03
Last Modified: 14 Jul 2023 01:03
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70909

Actions (login required)

View Item View Item