Rahmat, Rismaya (2023) Gaya kepemimpinan K.H. Yayat Ruhiyat Sirodj dalam mengembangkan sistem pendidikan Pondok Pesantren Al-Bidayah Cangkorah Kabupaten Bandung Barat tahun 1995-2011. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (347kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (424kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (51kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Gaya Kepemimpinan K.H. Yayat Ruhiyat Sirodj dalam Mengembangkan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Al-Bidayah Cangkorah Kabupaten Bandung Barat Tahun 1995-2011”. Latar belakang penelitian ini yaitu penulis tertarik pada pengaruh serta gaya kepemimpinan kyai terhadap perkembangan pendidikan Islam di pondok pesantren. Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Al-Bidayah ini pada awalnya menggunakan tipe salafi kemudian berubah menjadi tipe khalafi. Masalah utama yang dikaji dalam penelitian skripsi ini ialah tentang “Bagaimana Gaya Kepemimpinan K.H. Yayat Ruhiyat Sirodj dalam Mengembangkan Sistem Pendidikan Pondok Pesantren Al-Bidayah Cangkorah Kabupaten Bandung Barat Tahun 1995-2011”. Permasalahan tersebut dikaji dengan menggunakan metode penelitian sejarah (historis) yang didalamnya meliputi tahapan Heuristik, Kritik, Interpretasi, dan Historiografi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan teori Middle of the Road Management (Manajemen Jalan Tengah) yang digagas oleh Robert K. Blake dan Jane S. Mouton, mereka berpendapat bahwa gaya kepemimpinan ini menggambarkan pemimpin yang memiliki kepedulian terhadap tugas dan hubungan antar anggota organisasi yang ditandai oleh perhatian yang seimbang terhadap tugas dan manusia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa kepemimpinan K.H. Yayat Ruhiyat Sirodj, Pondok Pesantren Al-Bidayah mengalami perkembangan yang sangat signifikan dalam bidang pendidikan, sarana dan prasarana. Perubahan sistem pendidikan pada masa K.H. Yayat Ruhiyat Sirodj ini yaitu beliau mampu menjadikan Pondok Pesantren Al-Bidayah sebagai lembaga resmi dibawah naungan pemerintah dengan mendirikan Sekolah Persiapan Institut Agama Islam (SP-IAIN). Adapun keunikan dari Pondok Pesantren Al-Bidayah ini karena menggunakan kurikulum Terpadu yang di dalamnya meliputi Kurikulum Pesantren, Kurikulum Kementrian Pendidikan Nasional, dan Kurikulum Kementrian Agama.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gaya Kepemimpinan;Kyai;Pondok Pesantren |
Subjects: | History, Events |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam |
Depositing User: | Rismaya Rahmat |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 06:51 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70936 |
Actions (login required)
View Item |