Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan yang terdapat di indeks saham syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus PT. AKR Corporindo TBK periode 2012-2021

Siregar, Abdul Hakim Maratua (2023) Pengaruh Debt to Equity Ratio (DER) dan Debt to Asset Ratio (DAR) terhadap Return on Equity (ROE) pada perusahaan yang terdapat di indeks saham syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus PT. AKR Corporindo TBK periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Dzati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
Cover S1.pdf

Download (20kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTAK S1.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAF ISI S1.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Skripsi hakim bab 1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Skripsi hakim bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
Skripsi hakim bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
Skripsi hakim bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
Skripsi hakim bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
REVISI DAFTAR PUSTAKAA S1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menguji apakah DER dan DAR memiliki pengaruh terhadap fluktuasi ROE di PT. Akr Corporindo, Tbk. Melalui penelitian ini, peneliti berharap dapat memahami bagaimana faktor-faktor tersebut saling berhubungan dan berkontribusi terhadap kinerja keuangan perusahaan. Kerangka pemikiran ini menyatakan bahwa terdapat hubungan antara Debt to Equity Ratio (DER), Debt to Asset Ratio (DAR), dan Return on Equity (ROE). DER mempengaruhi ROE, begitu pula dengan DAR yang mempengaruhi ROE. Namun, penting untuk dicatat bahwa ROE tidak hanya dipengaruhi oleh variabel DER dan DAR saja. Terdapat faktor-faktor lain yang juga dapat mempengaruhi ROE namun tidak diteliti dalam penelitian ini. Metode peneIitian yang digunakan adaIah anaIisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data yang digunakan adaIah data sekunder dari Iaporan keuangan PT. AKR Corporindo Tbk. periode 2012-2021. AnaIisis data yang dipergunakan menggunakan anaIisis asumsi kIasik, dan metode deskriptif. AnaIisis regresi berupa regresi sederhana dan regresi berganda, anaIisis hubungan (korelasi), anaIisis koefisien determinasi, anaIisis uji hipotesis uji t, uji f. PengoIahan data memakai SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa Debt to Equity Ratio (DER) secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Return on Equity (ROE) dengan koefisien determinasi sebesar 1.6% dan thitung sebesar 0.363. Artinya, perubahan dalam DER hanya dapat menjelaskan sekitar 1.6% variasi dalam ROE, dan Debt to Asset Ratio (DAR) juga secara parsial berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROE dengan koefisien determinasi sebesar 1.5% dan thitung sebesar 0.347. Hal ini menunjukkan bahwa perubahan dalam DAR hanya dapat menjelaskan sekitar 1.5% variasi dalam ROE. Sedangkan, Ketika DER dan DAR digabungkan secara simultan, ditemukan bahwa keduanya secara bersama-sama berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap ROE, dengan Fhitung sebesar 0.58. Koefisien determinasi menunjukkan bahwa DER dan DAR hanya dapat menjelaskan sekitar 1.6% variasi dalam ROE, sementara sisanya sebesar 98.4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Debt to Equity Ratio; Debt to Asset Ratio; Return on Equity
Subjects: Administration of Economy
Accounting
Accounting > Auditing
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Abdul Hakim Maratua Siregar
Date Deposited: 13 Jul 2023 06:59
Last Modified: 13 Jul 2023 06:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70948

Actions (login required)

View Item View Item