Analisis perbandingan keakuratan model CAPM dan APT dalam memprediksikan return saham pada sektor Healthcare di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022

Saputra, Ilham Adhi (2023) Analisis perbandingan keakuratan model CAPM dan APT dalam memprediksikan return saham pada sektor Healthcare di Bursa Efek Indonesia periode 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (228kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (572kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya model Capital Asset Pricing Model (CAPM) dan Arbitrage Pricing Theory (APT) sebagai metode analisis dalam menilai expected return. Kedua model tersebut memiliki perbedaan dalam menilai expected return yaitu CAPM menggunakan faktor risiko dan APT menggunakan faktor makro ekonomi. Model CAPM menggunakan variabel return saham individual (Ri), return market (Rm), return asset bebas resiko (Rf), dan beta sistematis (β). Model APT menggunakan variabel nilai return saham individual (Ri), return asset bebas resiko (Rf), perubahan tingkat BI7DRR (F1), Perubahan tingkat kurs Rupiah (F2), Perubahan tingkat jumlah uang beredar (F3), dan beta sistematis pada setiap perubahan variabel makroekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan model manakah dari CAPM dan APT yang lebih akurat dalam memprediksi return saham serta untuk mengetahui ada atau tidak adanya perbedaan yang signifikan antara keakuratan CAPM dan keakuratan APT dalam menghitung expected return pada saham sektor healthcare di bursa efek indonesia periode 2018-2022. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian komparatif dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat 10 sampel yang digunakan dalam penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data panel. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan studi kepustakaan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas Skewness dan Kurtosis, Uji Beda Dua Sampel Independen (Mann-Whitney) dan Mean Absolute Deviation (MAD) dengan program Software Microsoft Excel, Eviews versi 12, dan SPSS Versi 26. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data variabel berdistribusi tidak normal sehingga Uji Beda Dua Sampel Independen menggunakan Uji Man Whitney U Test. Hasil beda menunjukkan nilai sig = 0.000 sehingga terdapat perbedaan mean absolute deviation (MAD) antara CAPM dan APT secara signifikan. Hasil dari Mean Absolute Deviation (MAD) pula menunjukkan nilai MAD CAPM < MAD APT (0.03367 < 0.25273) sehingga terdapat perbedaan akurasi antara model CAPM dan APT dalam memprediksikan nilai expected return. Nilai MAD di atas menunjukkan bahwa metode perhitungan CAPM lebih akurat dibandingkan dengan metode APT dalam memprediksikan return saham sektor healthcare periode 2018-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Capital Asset Pricing Model (CAPM); Arbitrage Pricing Theory (APT); dan expected return (E(Ri).
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Ilham Adhi Saputra
Date Deposited: 14 Jul 2023 00:55
Last Modified: 14 Jul 2023 00:55
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70969

Actions (login required)

View Item View Item