Orientasi masa depan keluarga buruh tani terhadap pendidikan formal anak di Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung

Firqin, Nada Fariha (2023) Orientasi masa depan keluarga buruh tani terhadap pendidikan formal anak di Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berasal dari pemikiran utama semua kalangan masyarakat yang dapat mengakses pendidikan. Namun, pada faktanya masih ada sebagian kalangan masyarakat yang tidak mendapatkan akses pendidikan, salah satunya Buruh tani. Padahal seharusnya pendidikan juga mengikutsertakan seluruh anggota masyarakat dalam berbagai kelompok umur, agar dapat mengikuti perkembangan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peran orang tua keluarga Buruh tani terhadap pendidikan formal anak di Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung (2) Pandangan keluarga Buruh tani terhadap pendidikan formal anak di Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung (3) Penyebab anak-anak dari keluarga Buruh tani di Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung yang tidak melanjutkan pendidikan formal. Penelitian ini berdasar pada pendekatan kualitatif, dengan metode penelitian. Dengan penggunaan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, serta dokumentasi. Untuk teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan, untuk pengambilan subjek dengan purposive sampling, dan lokasi penelitian dilakukan di wilayah Desa Bojongloa Kecamatan Rancaekek Kabupaten Bandung. Teori yang digunakan untuk mengkaji penelitian ini adalah teori interaksionisme simbolik yang dikembangkan oleh George Herbert Mead dengan penekanan pada pikiran (Mind), diri (Self), dan masyarakat (Society). Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat 4 peran orang tua, yaitu peran orang tua sebagai pendidik ditekankan untuk membentuk kepribadian anak sejak mereka kecil, peran orang tua sebagai motivator ditekankan pemberian dorongan berupa motivasi supaya anak-anak mereka tidak putus asa, peran orang tua sebagai fasilitator ditampilkan dengan orang tua yang memberikan fasilitas pendidikan yang dibutuhkan walaupun tidak memberikan yang paling terbaik untuk anak mereka, dan peran orang tua sebagai pembimbing dibuktikan bahwa orang tua masih tetap membimbing pengajaran kepada anak-anaknya di Rumah. (2) Terdapat 2 pandangan dari orang tua keluarga Buruh tani dimana mereka menganggap bahwa pendidikan itu adalah hal substansial yang harus dilakukan, dan ada juga yang menganggap bahwa pendidikan tidak wajib dilakukan, sebagian orang tua berpikir secukupnya saja, asalkan anak-anak mereka bisa membaca dan menulis. (3) Terdapat 3 faktor penyebab yang memicu anak-anak tidak melanjutkan pendidikan adalah faktor ekonomi karena orang tua dari keluarga Buruh tani hanya mendapatkan upah yang tidak dapat mencukupi kebutuhan hidup mereka, faktor latar belakang pada tingkat pendidikan orang tua yang rendah menyebabkan mereka memiliki pandangan bahwa berpendidikan hanya seperlunya saja, dan faktor kurangnya kesadaran orang tua terkait pendidikan menganggap bahwa pendidikan itu tidak penting dalam menjalani kehidupan yang semestinya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Orientasi masa depan; Buruh tani; pendidikan formal
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Education
Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Nada Fariha Firqin
Date Deposited: 17 Jul 2023 01:32
Last Modified: 17 Jul 2023 01:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70984

Actions (login required)

View Item View Item