Tragredi kemanusiaan Kanjuruhan di media Online : Analisis Framing model Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicki pada berita tragedi Kanjuruhan di ayobandung.com dan radarmalang.jawapos.com edisi 02-11 Oktober 2022)

Nidaunnisa, Nelova (2023) Tragredi kemanusiaan Kanjuruhan di media Online : Analisis Framing model Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicki pada berita tragedi Kanjuruhan di ayobandung.com dan radarmalang.jawapos.com edisi 02-11 Oktober 2022). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (56kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB) | Request a copy

Abstract

Persepakbolaan Indonesia telah melukiskan sejarah kelam, pasalnya pada sabtu malam 01 Oktober 2022 telah terjadi sebuah tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan ratusan orang. Tragedi tersebut menjadi perbincangan di ranah nasional hingga internasional, karena tercatat menjadi tragedi sepak bola paling banyak menewaskan korban kedua di dunia. Bermula dari kekalahan Arema FC melawan Persebaya Surabaya hingga menimbulkan kekecewaan bagi supporter yang mendukung. Melihat fenomena ini, media menjadi berlomba-lomba membingkai tragedi kemanusiaan Kanjuruhan tersebut termasuk media online ayobandung.com dan radarmalang.jawapos.com. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana cara media online ayobandung.com dan radarmalang.jawapos.com dalam membingkai berita tragedi kemanusiaan Kanjuruhan menggunakan 4 elemen dari model analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicki yakni struktur sintaksis, struktur skrip, struktur tematik dan struktur retoris. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode analisis framing. Objek yang diteliti pada penelitian ini adalah berita tragedi Kanjuruhan edisi 02 Oktober 2022 – 11 Oktober 2022 yang dipublikasikan media online ayobandung.com dan radarmalang.jawapos.com. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan framing yang dilakukan 2 media online terhadap berita tragedi Kanjuruhan. Ayobandung.com cenderung pro membela supporter. Ayobandung.com menuliskan bahwa targedi bukan dipicu kericuhan supporter melainkan menyalahkan kebrutalan tembakan gas air mata. Sedangkan radarmalang.jawapos.com cenderung menyalahkan polisi atas tragedi karena dinilai tidak bertanggung jawab. radarmalang.jawapos.com menuliskan temuan serta protes dari berbagai pihak terkait tindakan tidak bertanggung jawab dari polisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Framing; Berita; Media Online; Tragedi Kanjuruhan;
Subjects: Data Processing, Computer Science > Internet (World Wide Web)
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Biography, Obituary > Journalist and News Commentators Biography
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Nelova Nidaunnisa
Date Deposited: 14 Jul 2023 05:27
Last Modified: 14 Jul 2023 05:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70991

Actions (login required)

View Item View Item