Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pembatalan akad dalam transaksi jual beli online dengan sistem Cash On Delivery (COD): Studi kasus pada online shop Basreng Sultan Bandung

Fauziah, Nilna Syifa (2023) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap pembatalan akad dalam transaksi jual beli online dengan sistem Cash On Delivery (COD): Studi kasus pada online shop Basreng Sultan Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (353kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy

Abstract

Jual beli online merupakan jual beli dengan menggunakan jaringan internet tanpa bertemu langsung dengan penjual. Online shop basreng sultan bandung merupakan sebuah usaha yang bergerak di bidang makanan. Online shop ini menjual produknya di marketplace. Salah satu metode pembayaran dalam jual beli online pada marketplace adalah cash on delivery (COD). Cash on delivery (COD) adalah metode pembayaran secara langsung di alamat pembeli. Basreng sultan bandung menyediakan pembayaran dengan sistem cash on delivery (COD). Metode ini banyak diminati oleh customer basreng sultan bandung. Namun metode COD pada online shop basreng sultan bandung cukup banyak yang membatalkan akad jual beli online dengan sistem cash on delivery (COD). Sehingga menimbulkan kerugian yang cukup banyak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui praktik jual beli online dengan sistem cash on delivery (COD) pada online shop basreng sultan bandung, 2) mengetahui proses pembatalan akad dalam transaksi jual beli online dengan sistem cash on delivery (COD) pada online shop Basreng Sultan Bandung, dan 3) mengetahui tinjauan hukum ekonomi Syariah terhadap pembatalan akad jual beli online dengan sistem cash on delivery (COD) Basreng Sultan Bandung. Kerangka pemikiran dalam penelitian ini berdasarkan teori pengertian jual beli Sayyid Sabiq, konsep dasar akad dan pembatalan akad menurut Wahbah Az-Zuhaili yaitu pembatalan disebabkan rusaknya akad, khiyar, iqalah, dan tidak adanya tanfidz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan jenis data kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan owner basreng sultan bandung. Sumber data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, internet, dan skripsi, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) praktik jual beli online dengan sistem cash on delivery (COD) pada online shop basreng sultan bandung ini melalui marketplace dan admin whatsaap dengan memilih fitur pembayaran cash on delivery (COD). 2) proses pembatalan akad jual beli online dengan sistem cash on delivery (COD) ini dilakukan ketika kurir mengirim pesanan ke alamat penjual. Faktor penyebab batalnya cash on delivery (COD) ini adalah pembeli tidak mau membayar dan pembeli susah dihubungi sehingga susah menemukan alamat pembeli. Dalam hal ini terjadi pembatalan sepihak. 3) pembatalan sepihak oleh customer online shop Basreng Sultan Bandung tidak boleh dilakukan hal ini berdasarkan surah al-Maidah ayat 1 wajib memenuhi akad. Faktor dalam pembatalan akad ini melanggar aturan hukum ekonomi Syariah sebab tidak terpenuhinya syarat dan prinsip jual beli.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Jual Beli Online; Cash On Delivery; Pembatalan Akad;
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Muamalat, Muamalah/Hukum Perdata Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: Nilna Syifa Fauziah
Date Deposited: 14 Jul 2023 02:12
Last Modified: 14 Jul 2023 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71034

Actions (login required)

View Item View Item