Layanan bimbingan karir melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kesiapan karir siswa : Penelitian pada kegiatan ekstrakurikuler siswa kelas XII SMA Al-Huda Arjasari Kabupaten Bandung.

Miskatuzzahra, Azkia (2023) Layanan bimbingan karir melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kesiapan karir siswa : Penelitian pada kegiatan ekstrakurikuler siswa kelas XII SMA Al-Huda Arjasari Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (200kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB) | Request a copy

Abstract

Standar pendidikan yang ada di Indonesia bahwa siswa yang baru lulus dari jenjang SMA akan dihadapkan pada beberapa pilihan karir antara melanjutkan studi ke perguruan tinggi ataupun bekerja. Hal ini menuntut mereka untuk memiliki kesiapan dalam memahami studinya atau pekerjaannya sesuai dengan potensi, bakat dan minatnya sebelum memasuki dunia karir. Namun, kreatifitas karir siswa masih dengan kemampuan yang alakadarnya. Sehingga hal ini berdampak terhadap kesiapan karir siswa yang rendah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kesiapan karir siswa, mengetahui berbagai proses pelaksanaan bimbingan karir melalui kegiatan ekstrakurikuler di kelas XII SMA Al-Huda Arjasari Kabupaten Bandung dan untuk mengetahui hasil dari layanan bimbingan karir melalui kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan kesiapan karir siswa kelas XII SMA Al-Huda Arjasari Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada teori bimbingan karir, teori ekstrakurikuler dan teori kesiapan karir. Digunakannya teori bimbingan karir karena permasalahan yang dihadapi adalah karir, teori ekstrakurikuler karena implementasi bimbingan karir dilakukan melalui kegiatan ekstrakurikuler dan teori kesiapan karir merupakan hasil dari bimbingan karir melalui ekstrakurikuler tersebut, Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif destkriptif, yaitu berfokus dalam mendeskripsikan fenomena atau kejadian yang diperoleh di lapangan, penelitian sesuai dengan topik bimbingan karir melalui ekstrakurikuler untuk meningkatkan kesiapan karir siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara, kemudian data didokumentasikan berupa catatan verbatim yaitu catatan tentang semua hal pembicaraan ketika melakukan wawancara dan observasi tanpa ada penambahan dan pengurangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan karir melalui ekstrakurikuler berupa kelas menjahit, kelas UTBK dan kelas desain computer dengan bimbingan individual dan kelompok menggunakan metode ceramah, pengajaran, dan praktik. Terlihat adanya peningkatan diantaranya siswa menjadi pribadi yang memiliki tujuan yang jelas untuk masa depannya, menjadi yakin dengan pilihan karirnya, memiliki kemampuan di bidang karir serta minat bakatnya terarah secara positif. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan adanya bimbingan karir melalui kegiatan ekstrakurikuler dapat memberikan dampak postif terhadap peningkatan kesiapan karir siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karir; Ekstrakurikuler; Kesiapan Karir
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Azkia Miskatuzzahra Sopian
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:11
Last Modified: 14 Jul 2023 01:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71071

Actions (login required)

View Item View Item