Pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) : Studi di Desa Cipicung Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya

Arpah, Dalfi Sopiatul (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan (PKH) : Studi di Desa Cipicung Kecamatan Culamega Kabupaten Tasikmalaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB) | Request a copy

Abstract

Permasalahan sosial yang paling menjadi perhatian sampai saat ini adalah kemiskinan. Kemiskinan merupakan kondisi tidak terpenuhinya kebutuhan seperti sandang, pangan dan papan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah mengeluarkan sebuah program bantuan tunai bersyarat yaitu PKH, untuk memnciptakan masyarakat yang mandiri, PKH mengadakan beberapa program seperti pemberdayaan pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Konsep dan Strategi PKH, Proses Pemberdayaan Melalui Program PKH, dan Tingkat Keberhasilan Program pkh. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konsep pemberdayaan dari Hamid (2018) yang menyatakan bahwa dengan memberikan daya atau kekuatan kepada golongan yang lemah dan belum mampu dalam memenuhi kebutuhan pokok terutama sandang, pangan, papan atau secara luasnya menjangkau pendidikan dan kesehatan. Pertama dengan memberikan daya berupa bantuan tunai, kedua memberikan kekuatan melalui program pemberdayaan ekonomi dan penyadaran masyarakat, ketiga memberikan daya dalam bidang kesehatan dan pendidikan melalui posyandu dan menyadari pentingnya pendidikan. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan pihak terkait, dan dokumentasi. Setelah itu, data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisi kemudian dibuat kesimpulan. Hasil penelitian Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program PKH ini menjelaskan bahwa konsep dan strategi yang dilaksanakan dalam proses pemberdayaan di Desa Cipicung adalah dengan pemberian dana bantuan kepada masyarakat kurang mampu yang memenuhi syarat dengan tujuan memutus mata rantai kemiskinan disertai dengan penyuluhan terkait programprogram atau langkah yang akan dilaksanakan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Proses pelaksanaan beberapa program diantaranya program pemberdayaan kesehatan, pendidikan, ekonomi dan bantuan lansia. Hasil dari pelaksanaan program tersebut, masyarakat lebih menyadari pentingnya pendidikan dan kesehatan dengan memperhatikan kesehatan keluarga serta mementingkan terhadap kebutuhan pendidikan, selain itu, dari program pemberdayaan ekonomi dapat menambah pendapatan keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Masyarakat; Program Keluarga Harapan
Subjects: Social Welfare, Problems and Services > Social Welfare in Indonesia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Dalfi Sopiatul Arpah
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:17
Last Modified: 14 Jul 2023 01:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71072

Actions (login required)

View Item View Item