Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Current Ratio (CR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di Sektor Properti dan Real Estate 2012-2021

Nurrohman, Syawal (2023) Pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Current Ratio (CR) pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi di Sektor Properti dan Real Estate 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang yang digunakan dalam penelitian ini adalah terdapat permasalahan Gap Research yang dimana pada penelitian sebelumnya telah terjadi fenomena gap terhadap pergerakan WCTO dan CR terhadap ROI yang fluktuatif. Return On Investment merupakan rasio yang digunakan untuk meninjau profitabilitas suatu perusahaan dalam satu periode bagi pemilik perusahaan atau investor. Dan Working Capital Turnover dan Current Ratio dianggap akan memberikan dampak pada pertumbuhan Return On Investment. Peneliti memiliki tujuan diantaranya untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh Working Capital Turnover (WCTO) dan Current Ratio (CR) terhadap Return On Investment (ROI) secara simultan terhadap Return On Investment (ROI) pada pada Perusahaan Jasa Sektor Properti dan Real Estate periode 2012-2021. Pada penelitian ini memiliki kerangka berpikir yang menerangkan keadaan adanya pengaruh dari Working Capital Turnover (WCTO) dan Current Ratio (CR) terhadap Return On Investment (ROI). Analisis deskriptif verikatif dengan pendekatan kuantitatif telah digunakan selama penelitian ini dilakukan. Dengan menggunakan data kuantitatif dan data panel yang menjadi basis data. Sumber data yang digunakan berupa jenis data sekunder yang bersifat time series. Sampel data yang diperoleh berjumlah 5 perusahaan dari total 11 populasi yang telah dikumpulkan melalui teknik purposive sampling. Dan teknik analisis yang digunakan dapat diurut menjadi analisis regresi data panel dengan random effect model yang digunakan, sehingga tidak diperlukan adanya uji asumsi klasik, uji hipotesis dengan uji t dan uji f, yang terakhir melakukan uji koefisien determinasi. Dengan pengolahan data dibantu oleh software e-views 12. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa Working Capital Turnover tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Return On Investment. memperoleh nilai (0,514414 < 1,677) dengan probabilitas statistik 0,6094 > 0,05. Dan Current Ratio memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap Return On Investment. Dengan diperoleh nilai sebesar (-2,183458 < 1,677) dengan prob. Statistic 0,0340 < 0,05. Sedangkan pada uji f berpengaruh positif signifikan, dengan memperoleh F tabel sebesar (3,055192 > 2,80), dengan perolehan nilai signifikansi sebesar 0,056570 > 0,05. Dengan kontribusi sebesar 39,58%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Working Capital Turnover; Current Ratio; Return On Invesment;
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
General Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Syawal Nurrohman
Date Deposited: 14 Jul 2023 01:39
Last Modified: 14 Jul 2023 01:39
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71073

Actions (login required)

View Item View Item