Pengaruh Return On Assets (ROA) dan BOPO terhadap pengeluaran zakat pada PT. Bank Muamalat Tbk. (Periode 2017-2022)

Vidinillah, Vini (2023) Pengaruh Return On Assets (ROA) dan BOPO terhadap pengeluaran zakat pada PT. Bank Muamalat Tbk. (Periode 2017-2022). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (531kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (855kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi mengenai tujuan suatu bank untuk mengeluarkan zakat perusahaan. Dalam pengeluaran zakat perusahaan yang baik bank syariah pastinya juga memperhatikan kondisi dari kinerja keuangan masing-masing dapat digunakan rasio untuk mengetahui gambaran pada kondisi kinerja keuangan yaitu seperti rasio Return On Assets (ROA) dan Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO) yang dapat menunjukan pengaruhnya terhadap Pengeluaran Zakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh Return On Assets (ROA) dan BOPO secara parsial terhadap Pengeluaran Zakat kemudian untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Return On Assets (ROA) dan BOPO secara simultan terhadap Pengeluaran Zakat pada PT. Bank Muamalat tbk. Periode 2017-2022. Kerangka teori yang dipakai pada penelitian ini menyatakan bahwa pada saat nilai Return On Assets (ROA) mengalami kenaikan, maka nilai Pengeluaran Zakat akan ikut naik, sedangkan ketika nilai BOPO mengalami kenaikan maka akan berimbas terhadap nilai penurunan pada Pengeluaran Zakat. Pada penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif verifikatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan yang dipublikasi PT. Bank Muamalat Tbk. Periode 2017-2022. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif, analisis uji asumsi klasik, serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan IBM SPSS For Windows Statistic Version 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Return On Assets (ROA) dan BOPO tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengeluaran Zakat dengan nilai thitung<ttabel variabel ROA (0,402<2,074), dan thitung<ttabel variabel BOPO (0,573<2,074), nilai koefisien determinasi sebesar 19%. Dan secara simultan Return On Assets (ROA) dan BOPO tidak berpengaruh signifikan terhadap Pengeluaran Zakat dengan nilai F hitung<Ftabel (0,203<3,74), besarnya pengaruh sebesar 19%. Dan sisanya sebesar 81% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Hal ini tidak sesuai dengan teori manajemen keuangan syariah yaitu tijarah (mudharabah dan musyarakah), karena menurut tijarah semakin besar laba bersih yang di peroleh maka semakin meningkat pula pengeluaran zakat yang akan dikeluarkan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Return On Assets (ROA); Biaya Operasional terhadap Pendapatan Operasional (BOPO); Pengeluaran Zakat.
Subjects: Islam > Zakat
Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Zakat Pendapatan, Zakat Profesi
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Vini Vidinillah
Date Deposited: 17 Jul 2023 02:36
Last Modified: 17 Jul 2023 02:36
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71088

Actions (login required)

View Item View Item