Bimbingan karakter Islami terhadap anak usia dini melalui permainan arisan huruf Hijaiyah : Penelitian di TK Pertiwi Bungbulang Garut

DG Lolo, Ismi Nurul Insani (2023) Bimbingan karakter Islami terhadap anak usia dini melalui permainan arisan huruf Hijaiyah : Penelitian di TK Pertiwi Bungbulang Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Anak usia dini merupakan fase dimana pertumbuhan tubuh dan otak terjadi sangat pesat dalam pencapaian keoptimalan fungsinya. Perkembangan dan pertumbuhan pada masa ini menjadi penentu keberhasilan pertumbuhan dan pekembangan anak pada periode selanjutnya, sehingga bimbingan karakter islami diperlukan agar karakter anak berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Selain pertumbuhan anak terjadi secara pesat, anak juga akan meniru segala sesuatu yang ada di lingkungannya. Oleh karena itu anak membutuhkan bimbingan karakter islami di sekolah yang dapat diajarkan oleh gurunya menggunakan metode sentra imtaq melalui permainan arisan huruf hijaiyah. Tujuan dari penelitian ini, adalah : (1) Untuk mengetahui teknik pembiasaan bimbingan karakter islami terhadap anak usia dini melalui permainan arisan huruf hijaiyah di TK Pertiwi; (2) Untuk mengetahui proses dalam membangun karakter islami terhadap anak usia dini melalui permainan arisan huruf hijaiyah di TK Pertiwi; (3) Untuk mengetahui hasil dari bimbingan karakter islami terhadap anak usia dini melalui permainan arisan huruf hijaiyah di TK Pertiwi. Revi Nur Fitriani mengartikan bimbingan karakter merupakan proses arahan, ajakan secara terus menerus dan konsisten untuk menjadikan manusia utuh yang dianggap baik menurut agama dan negara. Sedangkan karakter islami merupakan akhlak, kebiasaan, sikap dan tabiat yang baik, yang dipelajari dan dipahami serta diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan ajaran agama islam yang sesuai dengan Al-Qur’an dan Assunnah secara berkelanjutan dan selalu diistiqomahkan dalam melaksanakan kebaikan. Metode serta teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif yaitu penggambaran secara kualitatif fakta, data, atau objek material yang bukan merupakan rangkaian angka, melainkan berupa ungkapan Bahasa atau wacana melalui interpretasi yang tepat dan sistematis. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, bimbingan karakter islami untuk memperbaiki karakter anak usia dini ini terbilang cukup berhasil. Karena dengan adanya bimbingan karakter islami melalui permainan ini, siswa dapat memahami arti penting dari karakter-karakter seperti religius, mandiri dan bekerjasama. Walaupun masih terdapat beberapa siswa yang mudah teralihkan dalam proses pembelajarannya. Siswa secara berangsur dapat mandiri selama di sekolah. Semangat siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di TK Pertiwi juga menjadi faktor pendukung berhasilnya kegiatan tersebut. Kata Kunci : Bimbingan Karakter Islami, Anak Usia Dini,Permainan

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Karakter Islami; Anak Usia Dini; Permainan;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Human Physiology
Game of Chance
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ismi Nurul Insani DG Lolo
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:25
Last Modified: 14 Jul 2023 04:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71090

Actions (login required)

View Item View Item