Proses pengembangan kecerdasan interpersonal pada anak melalui kegiatan sosial komunitas Taman Baca Sarimukti : Studi di Desa Karyasari Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut

Novianti, Siska (2023) Proses pengembangan kecerdasan interpersonal pada anak melalui kegiatan sosial komunitas Taman Baca Sarimukti : Studi di Desa Karyasari Kecamatan Cibalong Kabupaten Garut. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy

Abstract

Masa anak-anak dipercayai sebagai masa yang krusial dalam proses perkembangan individu seorang anak. Karena, pada masa ini semua sikap, kebiasaan, dan pola perilaku mulai terbentuk. Salah satu proses perkembangan tersebut ialah kecerdasan interpersonal anak, hal tersebut akan membentuk kemampuan anak dalam membangun hubungan sosial di masa depan. Untuk melatih dan mengembangkan kecerdasan interpersonal ini dapat dilakukan melalui kegiatan sosial, seperti kegiatan sosial yang diadakan di Taman Baca Sarimukti melalui program-programnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1. Kecerdasan interpersonal anak-anak di Taman Baca Sarimukti 2. Proses pengembangan kecerdasan interpersonal pada anak melalui kegiatan sosial di Taman Baca Sarimukti 3. Kondisi kecerdasan interpersonal pada anak setelah mengikuti kegiatan sosial di Taman Baca Sarimukti.Teori yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu Teori Struktural Fungsional dari Talcott Parsons, dimana masyarakat adalah sebuah sistem dengan bagian-bagian atau struktur yang saling berhubungan. Bagian-bagian ini bekerja secara fungsional untuk mencapai keseimbangan. Menggunakan konsep AGIL; adaptation, goal attainment, integration, dan latency. Teori ini berkaitan dengan Penelitian yang dilakukan dimana Taman Baca Sarimukti sebagai salah satu subsistem dalam masyarakat mampu berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu sebagai lembaga pendidikan non formal yang berhasil dalam pengembangan kecerdasan interpersonal pada anak. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dengan jenis wawancara tidak terstruktur, teknik observasi dengan jenis observasi non partisipan, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif.Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa kecerdasan anak-anak di Taman Baca Sarimukti terbagi pada dua kategori, yakni aktif dan kurang aktif. Proses pengembangan kecerdasan interpersonal pada anak dilakukan dalam beberapa tahapan 1. Penerapan pola belajar sambil bermain 2. Melakukan pendekatan 3. Memberi tugas-tugas sederhana 4. Melakukan wisata edukasi 5. Pesta buku 6. Memberi afirmasi positif. Dengan itu kondisi kecerdasan interpersonal pada anak setelah mengikuti kegiatan sosial di Taman Baca Sarimukti menunjukan adanya peningkatan dalam kemampuan bersosial anak. Anak menjadi lebih mampu dalam membangun, mempertahankan, dan memelihara hubungan sosial antar temannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Sosial; Kecerdasan Interpersonal; Anak; Taman Baca Sarimukti;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Psychoanalysis
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Siska Novianti
Date Deposited: 20 Jul 2023 03:31
Last Modified: 20 Jul 2023 06:17
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71143

Actions (login required)

View Item View Item